Sumadi Urung Maju, PDIP Rembang Jagokan Ridwan

Kamis, 7 Mei 2015 | 17:26 WIB
 Sekretaris DPC Ridwan (memakai Peci). (Foto: mataairradio.com)

Sekretaris DPC  PDI Perjuangan Kabupaten Rembang Ridwan (memakai Peci). (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Rembang Sumadi hampir pasti mengurungkan niat maju baik sebagai calon bupati maupun wakil bupati di Pilkada 2015.

Hal itu diungkapkan Sekretaris DPC Ridwan ketika dihubungi mataairradio, Rabu (6/5/2015) malam.

“Pak Sumadi urung tampil di Pilkada karena larangan dari pihak keluarga dan alasan kesehatan,” ujarnya.

Pernyataan Sumadi tidak akan maju Pilkada juga diungkap saat pertemuan antara pengurus PAC dari 14 kecamatan dan pengurus DPC di Kantor DPC PDIP Rembang, baru-baru ini.

“Di pertemuan yang membahas sikap partai di Pilkada 2015 dan dihadiri Pak Sumadi, dicapai kesepakatan untuk mengusung saya sebagai bakal calon wakil bupati dari PDIP,” kata dia.

Alasan hanya mengusung kader PDIP untuk posisi wakil bupati karena jumlah kursi partai ini di parlemen hanya lima.

Lalu mungkinkah PDIP membuka penjaringan bakal calon bupati?

Menurut Ridwan, hal itu masih dikaji oleh tim sembilan, yang beranggotakan lima orang pengurus DPC dan empat orang dari pengurus PAC.

“Tim sembilan sudah dibentuk melalui forum rapat pengurus PAC dengan pengurus DPC,” terangnya.

Selain mempertimbangkan penjaringan bakal calon bupati, tugas tim sembilan adalah melakukan komunikasi politik dengan partai dan bakal calon bupati lain.

“Jika memang tim sembilan memutuskan membuka penjaringan, maka seleksi akan dilakukan hanya untuk bakal calon bupati,” tegasnya.

Dia menambahkan, hasil pertemuan pengurus partai di tingkat kecamatan dan kabupaten akan diserahkan ke DPD dan DPP PDIP.

“Terkait ada mekanisme lain, seperti berkas, fit and proper test, dan lainnya akan dilakukan di level DPD atau DPP,” bebernya.

Sementara itu, di luar kesepakatan internal DPC PDIP Rembang yang telah menjagokan Ridwan sebagai bakal calon wakil bupati, ternyata DPD PDIP Jawa Tengah di Semarang membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati.

Kamis (7/6/2015) ini ialah saat terakhir pengembalian berkas pendaftaran.

Menurut keterangan yang dihimpun mataairradio, ada tiga orang yang mengembalikan berkas pendaftaran, masing-masing A Masykur Rukhani, Eko Sugeng Waluyo, dan M Zaenal Abidin.

Dua nama pertama mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati, sedangkan Abidin mendaftar sebagai balon bupati.

Dari informasi yang berkembang, terhadap para pendaftar dari wilayah Karesidenan Pati, akan dilakukan seleksi wawancara pada pertengahan bulan ini di Semarang.

Itu pun apabila para pendaftar memenuhi berkas persyaratan yang telah ditentukan. Soal hal ini, DPC PDIP Rembang belum memberi keterangan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan