Stok Aman 13 Bulan, Raskin Digelontor Dua Kali di Juli

Rabu, 16 Juli 2014 | 14:57 WIB
Ilustrasi  (Foto:Pujianto)

Ilustrasi (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Stok beras di Kabupaten Rembang disebut aman hingga 13 bulan ke depan. Hingga Rabu (16/7) ini pun, harga beras di pasaran terpantau tak mengalami lonjakan alias cenderung stabil bahkan turun.

Untuk menjaga kestabilan harga dan pasokan beras, Pemkab Rembang juga menggelontorkan beras bagi keluarga miskin atau raskin sebanyak dua kali di bulan Juli ini. Plt Asisten II Bidang Perekonomian Setda Rembang Abdullah Zawawi menyebutkan, kebijakan tersebut pernah pula diambil di tahun lalu.

Menurutnya, jatah raskin bulan Agustus, akan digeser maju di bulan Juli, dan demikian seterusnya. Biasanya, di penghujung tahun, Pemerintah Pusat bakal menambah jatah gelontoran raskin. Intinya, kata Zawawi, tidak ada masalah dengan kebijakan penggelontoran raskin sebanyak dua kali ini.

Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono sebelumnya memastikan bahwa harga beras akan cenderung stabil. Kualitas beras yang akan dikonsumsi keluarga miskin pun sudah dijamin kelayakannya.

Abdullah Zawawi menegaskan, kualitas beras bagi keluarga miskin memang sudah dijamin pihak Badan Urusan Logistik atau Bulog. Menurutnya, jika beras berkualitas buruk, maka masyarakat diminta untuk segera menghubungi Bulog dan agar dikembalikan saja.

Selanjutnya, pihak Bulog akan mengganti beras dengan yang lebih baik. Zawawi juga menekankan, saat ini, harga beras kualitas biasa di pasaran Kabupaten Rembang berada di kisaran Rp6.600-Rp6.700 per kilogram. Cenderung stabilnya harga beras hingga H-12 Lebaran turut dipengaruhi oleh panen sebagian petani.

Petugas di Gudang Bulog 206 Rembang, Suismutoyo membenarkan, stok beras untuk Kabupaten Rembang sudah dipastikan aman hingga 13 bulan nanti. Ia juga mengatakan, distribusi raskin sebanyak dua kali di bulan Juli, telah disiapkan. Menurut rencana, beras gelontoran kedua akan disalurkan maksimal di tanggal 27 Juli mendatang. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan