STIE YPPI Kecam Perguruan Tinggi Keluarkan Ijazah Palsu

Rabu, 3 Juni 2015 | 16:38 WIB
Wisuda lulusan STIE YPPI Rembang di Balai Kartini Rembang, Rabu (3/6/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com)

Wisuda lulusan STIE YPPI Rembang di Balai Kartini Rembang, Rabu (3/6/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – STIE YPPI Rembang mengecam perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah palsu, seperti yang marak diberitakan di media massa.

Ketua STIE YPPI Rembang Muhammad Tahwin mengaku prihatin dan menyayangkan hal itu sampai terjadi dalam sebuah lembaga pendidikan, apalagi pendidikan tinggi.

“Perguruan tinggi mestinya mengajarkan etika, norma, intelektualitas, dan spitirualitas, (selain tri darma berupa pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat),” katanya.

Dia menyesalkan tercorengnya institusi perguruan tinggi gara-gara kasus ijazah palsu yang marak di Negeri ini.

Tahwin menilai, ijazah palsu merupakan produk yang membohongi masyarakat. Padahal prinsip yang dikedepankan dari pendidikan adalah kejujuran.

“Jika produknya bohong, bagaimana nanti lulusannya dalam bermasyarakat,” tandasnya.

Ketua STIE YPPI membeberkan, sebenarnya palsu atau tidaknya ijazah, bisa dilihat antara lain dari program studinya, berizin dan masih berlaku serta telah terakreditasi atau tidak.

“Selain itu, perguruan tingginya, mengantongi izin dari kementerian, ataukah tidak,” ungkapnya.

Tahwin menambahkan, institusi perguruan tinggi itu pun mesti terakreditasi. STIE YPPI Rembang, menurut Tahwin, sudah memenuhi semua ketentuan itu.

“Secara program studi, manajemen sudah terakreditasi B, sedangkan akuntansi sedang proses reakreditasi menuju B,” jelasnya.

Ditambahkannya pula, palsu atau tidaknya ijazah, bisa dideteksi, semenjak lulus.

“Mereka yang diwisuda, sebagaimana yang dilakukan STIE YPPI Rembang, Rabu (3/6/2015) ini, mesti dilaporkan ke pangkalan data perguruan tinggi di kementerian,” paparnya.

Dia menegaskan, ada satu saja terlewat dilaporkan, lulusan itu bisa disebut ilegal.

Sementara itu, Ketua Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah Sugiharto menilai STIE YPPI Rembang sebagai perguruan tinggi dengan proses penyelenggaraan pendidikan yang baik.

“STIE YPPI Rembang ini perguruan tinggi yang taat asas dan akuntabel,” katanya saat menghadiri wisuda lulusan STIE YPPI Rembang di Balai Kartini.

Kopertis mencatat 821 lulusan STIE YPPI Rembang, termasuk 87 mahasiswa Program Studi Manajemen dan 31 mahasiswa Akuntansi yang diwisuda Rabu (3/6/2015) ini.

Eka Oktarina menjadi lulusan terbaik Manajemen dengan IPK 3,64. Adapun Nilatia Karisma lulusan terbaik Akuntansi dengan IPK 3,84.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan