Spanduk Paslon Nomor 1 dan 3 Hilang

Rabu, 16 September 2015 | 17:33 WIB
Pemasangan APK Spanduk ketiga pasangan calon oleh di Desa Sumbermulyo Kecamatan Sarang. (Foto: Pujianto)

Pemasangan APK Umbul-umbul ketiga pasangan calon oleh di Desa Sumbermulyo Kecamatan Sarang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Setidaknya empat spanduk masing-masing dua dari pasangan Hamzah Fatoni-Ridwan dan Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto dilaporkan hilang dari titik lokasi pemasangannya.

KPU Rembang mencatat, spanduk-spanduk yang hilang itu terjadi di Kecamatan Sulang dan Sarang.

Komisioner Divisi Kampanye pada KPU Rembang M Salam, Rabu (16/9/2015) pagi mengungkapkan, spanduk sebagai alat peraga kampanye dari pasangan Hamzah-Ridwan hilang dari Desa Jatimudo Kecamatan Sulang dan Lodan Wetan Kecamatan Sarang.

Sedangkan spanduk Hafidz-Bayu dilaporkan hilang dari Desa Babaktulung dan Sendangmulyo Kecamatan Sarang. Salam menyatakan, KPU tidak melakukan penggantian terhadap spanduk atau alat peraga yang hilang.

“APK hilang tidak diganti. Soal solusinya, kami belum bisa memastikan, karena mesti koordinasi dengan tim kampanye,” terangnya kepada mataairradio

KPU mengaku akan menjadikan kasus hilangnya sejumlah spanduk kampanye paslon bupati dan wakil bupati Rembang, sebagai pelajaran. Menurut Salam, tim monitoring akan diterjunkan.

“Selain itu, kami akan berkoordinasi dengan aparat keamanan, agar turut memantau keamanan alat peraga kampanye,” jelasnya.

Sementara ini, agar hilangnya spanduk tidak menjadi permasalahan dan ketidakpuasan dari salah satu pasangan calon, pihak KPU sudah menyarankan PPS, agar mencopot dulu spanduk milik pasangan calon yang lain.

“Soal kapan spanduk yang dicopot itu akan dipasang lagi, kami juga perlu koordinasi dengan tim kampanye,” tegasnya.

Salam menegaskan, koordinasi akan dilakukan secepatnya dengan tim kampanye pasangan calon dan panwas tingkat kabupaten.

Karena hilangnya spanduk atau alat peraga kampanye lainnya, mungkin juga akan terjadi di daerah lain, PPS diminta proaktif melakukan pemantauan.

Salam menambahkan, sejauh ini, alat peraga kampanye berupa spanduk yang menjadi kewenangan KPU, sudah dipasang di hampir semua desa.

“Sementara, untuk umbul-umbul, KPU sudah mengirimkannya ke tiap kecamatan pada Selasa (15/6/2015) kemarin,” bebernya.

Menurut rencana, umbul-umbul akan dipasang secara serempak di 14 kecamatan pada Kamis (17/9/2015) ini, termasuk kecamatan yang belum memasang spanduk secara tuntas tiap desa.

“Tetapi Rabu (16/9/2015) ini, PPK Rembang dan Sarang, sudah lebih dulu memasang umbul-umbul kampanye,” tambahnya.

Adapun satu bentuk alat peraga lainnya, yaitu baliho, menurut Salam, saat ini baru dibuat rangka pemasangannya.

KPU berjanji memasang baliho di lima titik; Pasar Lama Pandangan, Terminal Lasem, Perempatan Galonan-Rembang, Utara KUD Sulang, dan Selatan Pasar Pamotan, pada Jumat (18/9/2015) ini.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan