Sosialisasi, KPU Lebih Yakin PPK Ketimbang PPS

Sabtu, 31 Oktober 2015 | 14:00 WIB
Maskot Pilbub Rembang 2015 (Foto: mataairradio.com)

Maskot Pilbub Rembang 2015 (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang menyatakan lebih yakin kepada panitia pemilihan tingkat kecamatan (PPK) ketimbang panitia pemungutan suara (PPS), untuk memacu tingkat sosialisasi demi meningkatkan partisipasi pemilih.

“Takut kami, pemenuhan sasarannya kurang, sehingga kami masih yakin kepada PPK (untuk melakukan sosialisasi) ketimbang teman-teman di PPS, walaupun tempat sosialisasinya di desa,” ujar Komisioner Divisi Perencanaan pada KPU Rembang Maftukhin.

Menurut komisioner asal Desa Sulang Kecamatan Sulang, PPK perlu menggenjot tingkat sosialisasi di tingkat desa melalui berbagai kelompok masyarakat, bahkan sampai di level rukun warga dan tetangga.

“Mulai November nanti, teman-teman PPK akan turun di desa setempat. Kita akan beri anggaran di awal November. Saya kira satu bulan cukup untuk kegiatan sosialisasi di desa. Dan hal itu yang harus digalakkan,” terangnya.

Dia menyebutkan, sejauh ini, sosialisasi terhadap kelompok pemilih pemula, sudah dilakukan secara maksimal. Akhir pekan ini, KPU telah tuntas menyosialisasikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang tahun 2015 di kalangan siswa, di 50 sekolah, baik SMA, SMK, maupun MA.

“Setelah kalangan pemilih pemula, kita akan lanjut ke kelompok pemilih berikutnya, seperti kelompok pemilih dari kalangan perempuan, tokoh agama, dan masyarakat pinggiran,” tandasnya kepada mataairradio.

Hingga Sabtu (31/10/2015) ini, KPU menyatakan masih terus melakukan sosialisasi, melalui berbagai media, termasuk membahas sosialisasi di media massa pada 4 November mendatang.

“Kami berharap dengan sosialisasi secara intensif selama satu bulan, mulai November hingga sepekan sebelum Pilkada, akan banyak pengaruh ke tingkat partisipasi pemilih di pemilihan bupati dan wakil bupati nanti,” imbuh Ketua KPU Rembang Minanus Suud.

KPU Rembang ditarget oleh KPU Pusat untuk bisa mencapai target partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen. Suud menyatakan optimistis bakal bisa mencapai target tersebut, karena berbagai langkah sudah ditempuh pihaknya.

“Intensitas dari kubu pasangan calon dalam upaya menggalang dukungan dari pemilih juga menjadi faktor yang turut memengaruhi partisipasi dari para pemilik hak suara,” pungkasnya penuh optimisme.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan