Pagar SMP Negeri 2 Lasem Jebol Diterjang Banjir

Selasa, 21 Januari 2014 | 14:29 WIB
SMP Negeri 2 Lasem  saat kebajiran (Foto:Puji)

SMP Negeri 2 Lasem saat kebajiran (Foto:Puji)

LASEM, MataAirRadio.net – Pagar bagian belakang SMP Negeri 2 Lasem jebol sepanjang 25 meter akibat terjangan banjir, Selasa (21/1) pagi. Pagar itu diduga tidak kuat menahan terjangan arus banjir akibat meluapnya Sungai Sendangasri dan air kiriman dari daerah pegunungan.

Air banjir langsung mengalir deras ke dalam areal sekolah. Para siswa terpaksa dipulangkan lebih awal atau sekitar jam setengah sembilan pagi. Kholis, penjaga sekolah mengatakan, jebolnya pagar belakang tidak kali ini saja terjadi. Beberapa tahun lalu juga terjadi jebol serupa.

Air menggenangi sekolah hingga berketinggian 20 centimeter karena dari arah depan, air luapan sungai juga masuk. Pihak sekolah segera mengamankan dokumen penting, buku, dan peralatan elektronik ke tempat lain yang lebih tinggi dan aman.

Gigih, salah satu siswa mengaku dipulangkan gurunya ketika jam pelajaran pertama, PPKn. Sebelum pulang, dia mengaku sempat membantu gurunya memindahkan buku-buku ke rak yang lebih tinggi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang Suharso mengaku berada di SMP Negeri 2 Lasem sebelum air banjir menggenangi sekolah. Pihaknya sempat menempatkan beberapa sak pasir untuk penanganan darurat pasca-jebol pagar.

Namun belum sampai ditumpuk banyak, air sudah mengalir deras ke dalam. Pihaknya akan segera mengupayakan penanganan pagar yang jebol. Saat ini pihaknya bersama sekolah sudah mengevakuasi dokumen dan peralatan penting serta memantau perkembangan banjir.

Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz berharap kepada masyarakat kabupaten ini, agar selalu siaga bencana seiring peningkatan curah hujan. Terkait pagar SMP Negeri 2 Lasem yang jebol, pihaknya juga akan secepatnya melakukan kajian penanganan.

Komandan Kodim 0720 Rembang Letkol Inf Wawan Indaryanto menerjunkan beberapa personelnya untuk membantu evakuasi siswa dari bencana banjir di Sendangasri. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan