Situs Perahu Kuno dan Pantai Karangjahe Direncanakan Jadi Paket Wisata

Jumat, 25 Januari 2019 | 13:24 WIB

Situs perahu kuno Punjulharjo setelah penataan, baru-baru ini. (Foto: Mohammad Siroju Munir)

 

REMBANG, mataairradio.com – Dua destinasi wisata di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang yaitu Pantai Karang Jahe dan Situs Perahu Kuno direncanakan akan menjadi paket wisata.

Hal tersebut diketahui setelah pengelolaan situs perahu kuno diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab Rembang dari Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian RI pada akhir Oktober 2018 lalu.

Retna Dyah Kepala Seksi (Kasi) Sejarah Musium dan Kepurbakalaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat menyatakan bahwa pihaknya sudah menggelar diskusi kelompok (FGD) dengan pihak Pemdes Punjulharjo untuk melakukan pengembangan selanjutnya, karena sebagian tanah pada situs tersebut adalah milik desa.

Selain itu, ada rencana untuk membuat paket wisata dengan Pantai Karang Jahe yang dikelola oleh menejemen di bawah Pemdes Punjulharjo.

Hasanudin salah seorang pengelola Pantai Karangjahe menyambut antusias saat mengetahui adanya rencana kerjasama untuk menjadikan 2 objek wisata menjadi satu paket. Sehingga pengunjung selain bisa menikmati indahnya pantai juga bisa belajar sejarah tentang kemaritiman di situs perahu kuno.

Ia menambahkan akses untuk masuk ke Situs Perahu Kuno masih jalan kampung dan belum sebagus dan seramai di Pantai Karang Jahe.

“Aksesnya memang masih jalan kampung Mas,” Ungkapnya.

Pengunjung situspun masih terbatas seperti peneliti dan beberapa orang saja yang penasaran, sehingga adanya paket wisata diharapkan juga akan meramaikan situs tersebut.

Pihaknya juga sering memberikan informasi kepada pengunjung Pantai Karang Jahe bahwa ada wisata purbakala di dekat pantai atau kurang lebih lima ratus meter. Ia mengakui bahwa promosi situs memang kurang maksimal.

“Semoga kedepan pantai dan situs bisa lebih ramai lagi,” harapnya.

Situs Perahu kuno merupakan temuan yang sangat penting, selain umurnya yang tua, juga satu-satunya perahu kuno yang pernah ditemukan di Indonesia. bahkan di Asia Tenggara dengan kondisi yang relatif untuh.

 

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan