Situasi Waspada Corona, PPS Pilkada Tetap Dilantik

Sabtu, 21 Maret 2020 | 18:17 WIB

Petugas dari Puskesmas Sulang menyemprot disinfektan di lokasi untuk pelantikan PPS Sulang. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Ditengah kegentingan dalam menghadapi ancaman virus corona, KPU Rembang tetap melantik 882 Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Rembang pada Ahad (22/3/2020) besok. Pelantikan tersebut rencananya berada di masing-masing kecamatan.

Komisioner KPU Rembang Zaenal Abidin menyatakan pihaknya tidak bisa menunda pelantikan yang sudah dijadwalkan dalam tahapan yakni tanggal 22 Maret 2020, karena PPS sudah mulai aktif pada tanggal 23 Maret 2020 atau keesokan harinya.

Terkait antisipasi virus corona, pihak KPU sudah berkoordinasi dengan Pemda dan juga Dinas Kesehatan setempat untuk meminta bantuan berupa penyeprotan disinfektan di lokasi pelantikan sebelum acara berlangsung.

Selain itu hasil dari koordinasi, pihak Dinkes melalui Puskesmas setempat akan menerjunkan tim untuk mengawal jalannya pelantikan agar terhindar dari potensi penyebaran virus corona.

“Kita sudah koordinasi dengan Pemda dan Dinkes serta beberapa pihak terkait agar membantu melancarkan pelantikan, dan juga mengantisipasi potensi penyebaran virus,” ungkapnya.

Bidin menegaskan bahwa dalam acara besok, kursi peserta pelantikan akan diatur sedemikian rupa dan dengan jarak tertentu sesuai dengan anjuran pihak Dinas Kesehatan. Selain itu sebelum acara dimulai, para peserta diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun yang disediakan dan menggunakan air mengalir.

Prosesi pelantikanpun tidak seperti biasa, karena tidak ada sambutan sama sekali hanya pembacaan Surat Keputusan (SK) dan pengambilan sumpah janji. Diperkirakan prosesi tersebut hanya memakan waktu setengah jam.

Ahmad Shodiqin, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lasem berharap prosesi pelantikan besok berjalan dengan lancar walaupun ditengah kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona. Adapun anjuran serta imbauan dari pihak Puskesmas sudah dia sampaikan kepada PPS yang akan dilantik. Seperti membawa tisu, mencuci tangan dengan sabun sebelum pelantikan.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan