Siswa di Lasem Galang Dana untuk Rohingya

Monday, 11 September 2017 | 18:29 WIB

Siswa siswi Madrasah Aliah Negeri Lasem tampak melakukan penggalangan dana guna membantu warga muslim etnis Rohingya di Myanmar, Senin (11/9/2017) pagi. (Foto : Mukhamad Fadlil)

 

 
LASEM, mataairradio.com – Sebanyak 1.475 siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lasem melakukan penggalangan dana guna membantu warga muslim etnis Rohingya di Myanmar, Senin (11/9/2017) pagi.

Aksi tersebut sebagai wujud kepedulian siswa atas hak kesejahteraan bagi tiap warga di dunia. Gerakan penggalangan dana ini merupakan inisiatif dari organisasi siswa intra sekolah (OSIS).

Kepala MAN Lasem Shofi mengatakan, hasil penggalanan dana itu akan disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten Rembang. Dana yang terkumpul dari aksi para siswa itu sebesar Rp7,6 juta.

“Untuk teknis penyaluran bantuan, kami masih mencari pihak yang memang benar-benar profesional. Bisa jadi nanti kita serahkan kepada Pemkab. Biar Pemkab yang salurkan,” katanya.

Ia berharap agar aksi para siswanya menjadi contoh bagi masyarakat dalam bertindak nyata membantu beban hidup warga Rohingnya, tanpa ikut larut dalam spekulasi atas polemik soal hal itu.

Zahrotul Afida salah seorang siswi Kelas XII MAN Lasem menyebut aksi pengumpulan dana untuk warga Rohingya sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter terhadap pelajar dan untuk melatih sikap empati terhadap sesama.

“Ini empati kita untuk saudara-saudara etnis Rohingya di Myanmar. Tadi kami memanfaatkan momentum seusai upacara bendera untuk mengumpulkan dana dari siswa. Secara sukarela,” ujarnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan