SIM Kosong, Polisi Pastikan Razia Jalan Terus

Senin, 3 Agustus 2015 | 17:57 WIB
Ilustrasi. (Foto: medanbisnisdaily.com)

Ilustrasi. (Foto: medanbisnisdaily.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Kepolisian Resor Rembang memastikan akan terus menggelar razia kelengkapan berkendara, meski pada saat ini stok blangko SIM masih kosong.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polres Rembang Ipda Setiyanto, Senin (3/8/2015) pagi mengatakan, razia kelengkapan berlalu-lintas tidak akan terganggu oleh kosongnya stok blangko SIM.

Dia menjelaskan, saat razia SIM, pengendara bisa menunjukkan surat keterangan sementara yang berlaku sebagai pengganti. Sebab surat itu terbit setelah pemohon melalui serangkaian proses ujian SIM.

“Jadi, pemohon SIM baru, ya tetap ujian dulu. Begitu lulus, kita input datanya. Kita ambil gambarnya, terus kita keluarkan surat keterangan pengganti SIM,” ujarnya.

Pada perbincangan dengan mataairradio, Setiyanto juga meralat pernyataan sebelumnya, yang menyebut jumlah surat keterangan pengganti SIM yang telah keluar mencapai 1.500 sampai dengan 2.000 lembar.

“Itu (jumlah surat keterangan pengganti SIM yang sudah dikeluarkan) kemarin yang benar baru 400-an lembar. Paling banyak pemohon SIM C. Itu pun bagi yang perpanjangan,” jelasnya.

Kesalahan pemberian pernyataan itu, karena dia mengaku tidak sedang melihat catatan dari Baur SIM. Dia juga menyebut pernyataan itu perlu diklarifikasi agar tidak dikira macam-macam.

Setiyanto menyatakan, penerbitan surat keterangan pengganti SIM dilakukan atas pengawasan ketat. Menurutnya, penyalahgunaan surat keterangan bakal sulit terjadi, termasuk kemungkinan dilakukan orang dalam.

“Kalau kemungkinan pemalsuan surat keterangan pengganti SIM oleh pihak eksternal, akan ketahuan lewat stempel satuan dan masa berlaku surat karena juga menggunakan cetakan tanggal model stempel,” imbuhnya.

Blangko SIM di Satlantas Polres Rembang kosong sejak 28 Juli lalu. Penyebabnya, material SIM masih dalam proses tender di level satuan atas. Polisi tidak bisa memastikan, kapan persediaan blangko akan kembali normal, tetapi diprediksi akhir Agustus.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan