Siap Jadi Relawan, Mahasiswa di Rembang Gelar Latihan SAR

Senin, 18 Februari 2019 | 00:53 WIB

Mahasiswa pecinta alam dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah melakukan latihan gabungan search and rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan, selama tiga hari sejak 15 hingga 17 Februari 2019, di Desa Bitingan Kecamatan Sale. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Mahasiswa pecinta alam dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah melakukan latihan search and rescue (SAR) atau pencarian dan penyelamatan, selama tiga hari sejak Jumat (15/2/2019) hingga Ahad (18/2/2019), di Desa Bitingan Kecamatan Sale.

M. Nafiul Ulum salah satu panitia penyelenggara menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya untuk menciptakan sumber daya manusia di kalangan mahasiswa agar mengerti tentang teknik penyelamatan jiwa.

Ada beberapa materi yang diajarkan dalam kegiatan pelatihan tersebut, seperti vertical rescue dan caving.

“Pelatihan digelar selama tiga hari, dan akan berakhir pada Ahad (17/2/2019),” ujarnya.

Ia menyebutkan, ada sebanyak 63 peserta dari mahasiswa berbagai perguruan tinggi yang terlibat dalam pelatihan tersebut.

“Peserta dari tiga perguruan tinggi. Unissula, STIE YPI Rembang, dan STIE Dharma Putra Semarang,” imbuhnya.

Menurutnya, hasil dari kegiatan pelatihan SAR tersebut mampu menjadikan mahasiswa berkompeten dalam bidang SAR, sehingga siap membantu masyarakat dalam upaya evakuasi saat terjadi bencana.

“Outputnya mahasiswa lebih berkompeten dalam bidang SAR dan vertical rescue, yang nantinya bisa membantu masyarakat Rembang dalam menghadapi bencana,” pungkasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan