Setelah Diteliti, Hafidz Minta Bukti Dukungan Ditandai

Sabtu, 13 Juni 2015 | 16:03 WIB
Ketua KPU Rembang Minanus Suud (berbatik hijau) menerima penyerahan berkas dokumen calon perseorangan dari pasangan Abdul Hafidz dan Bayu Andreanto di Kantor KPU setempat, Jumat (12/6/2015) siang. (Foto: Pujianto)

Ketua KPU Rembang Minanus Suud (berbatik hijau) menerima penyerahan berkas dokumen calon perseorangan dari pasangan Abdul Hafidz dan Bayu Andreanto di Kantor KPU setempat, Jumat (12/6/2015) siang. (Foto: Pujianto)

REMBANG, mataairradio.com – Tim sukses pasangan Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto meminta kepada KPU Rembang agar menandai tiap lembar bukti dukungan calon perseorangan, setelah dilakukan penelitian awal.

Permintaan itu disampaikan oleh Ketua DPC Partai Nasdem Rembang Sugeng Ibrahim. Penandaan berkas dukungan secara satu per satu ini disebut demi pengamanan.

Ibrahim memohon agar permintaan itu diizinkan. Penandaan dilakukan secara bersama baik oleh KPU maupun pihaknya, dengan menggunakan cap dan stempel.

“Kami meminta kepada KPU agar nanti berkoordinasi dengan tim penghubung yang ditunjuk (oleh pasangan Hafidz dan Bayu),” katanya.

Ternyata tim penghubung itu adalah Muhammad Affan, mantan Ketua KPU Rembang, yang asli Pamotan. Menurut Ibrahim, penunjukan Affan agar komunikasi dengan KPU bisa mudah.

Komisioner KPU Rembang Maftuhin mengatakan dokumen tanda tangan dukungan calon perseorangan dibuat dalam tiga rangkap; satu asli dan dua lainnya merupakan salinan atau fotokopi.

“Nantinya, setelah diteliti awal, yang kopian itu akan dilegalisasi oleh KPU dengan distempel dan paraf,” terangnya.

Hal itu sebagai bukti bahwa dokumen tersebut merupakan salinan yang telah disesuaikan dengan aslinya. KPU juga mengecek hardcopy dan softcopy bukti dukungan, sekaligus keabsahannya.

“Keabsahan itu diketahui dengan menghitung tiap nama di formulir B1 tiap desa,” katanya.

Selain itu, KPU juga akan mengecek kesesuaian antara nama-nama yang tercantum di hardcopy dan softcopy. Jika terjadi selisih, KPU akan memberi tahu pasangan bakal calon melalui tim penghubung.

“Nantinya akan kami tanyai, data yang akan dipakai itu apakah yang di softcopy atau hardcopy,” ujarnya.

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Abdul Hafidz dan Bayu Andriyanto menyerahkan 69.472 dukungan untuk maju lewat Jalur Perseorangan ke KPU Rembang.

Hafidz mendaftar pada hari Jumat (12/6/2015) pukul 14.30 WIB. Dia mengaku mendaftar di hari dan jam itu, bukan karena pesanan dukun, melainkan kebetulan semata.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan