Semesteran Kelar, Buku Rapor Siswa SD Belum Diterima Sekolah

Minggu, 14 Desember 2014 | 17:45 WIB

 

Ilustrasi (Foto:4.bp.blogspot.com)

Ilustrasi (Foto:4.bp.blogspot.com)

REMBANG, mataairradio.com – Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Rembang hingga Minggu (14/12/2014) ini belum menerima kiriman buku rapor, padahal Ujian Semesteran bagi siswa sudah selesai digelar dan input nilainya disebut menyita banyak waktu.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Noor Effendi mengatakan, penyediaan buku rapor memang menjadi tanggung jawab pihaknya. Effendi mengklaim, buku rapor sudah disalurkan ke setiap sekolah melalui unit pelaksana teknis di setiap kecamatan, mulai Sabtu (13/12/2014) kemarin.

“Sudah kita salurkan mulai Sabtu (13/12/2014) kemarin ke setiap UPT untuk diteruskan ke setiap sekolah. Kalau belum sampai di sekolah, berarti sedang dalam proses pengiriman,” ujarnya.

Namun, menurut informasi yang dihimpun mataairradio, buku rapor itu ternyata juga belum diterima oleh pihak UPT. Mengenai hal ini, pihaknya meminta kepada sekolah agar tidak terlalu khawatir, karena buku rapor akan sampai secepatnya, sebelum jatah waktu pelaporan nilai siswa kepada orang tua.

Noor Effendi menambahkan, penyediaan buku rapor untuk kali ini memang dilakukan pada catur wulan terakhir tahun ini. Menurutnya, anggaran untuk pengadaan buku rapor, berasal dari alokasi dana APBD Perubahan 2014.

“Kurikulum 2013 berlaku sejak Juli 2014, sehingga anggaran penyediaan buku rapor siswa, tidak bisa disediakan melalui APBD Induk 2014. Lagi pula, format penilaian siswa di buku rapor terbaru versi Kurikulum 2013 berbeda dari yang sebelumnya,” kilahnya.

Diterangkannya, format penilaian pada Kurtilas, menggunakan model huruf seperti A, B, dan C, tidak angka-angka. Khusus mengenai nilai anggaran untuk pengadaan buku rapor yang jumlahnya konon mencapai puluhan ribu eksemplar itu, Noor Effendi mengaku tidak mengingatnya secara pasti.

Jumlah SD dan SDLB di Kabupaten Rembang sebanyak 374 sekolah, sedangkan jumlah siswa di semua sekolah itu mencapai 33.000 orang. Para kepala sekolah berharap, buku rapor siswa SD, sudah akan diterima pada Senin atau Selasa 16 Desember lusa.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan