Seleksi CPNS 2018, Rembang Usul 365 Formasi

Sabtu, 19 Mei 2018 | 11:59 WIB

Ilustrasi

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang mengusulkan 365 formasi ketika seleksi calon pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara positif dibuka pada tahun 2018.

Ratusan formasi itu terdiri atas 213 tenaga kependidikan atau guru, 138 tenaga kesehatan, dan 14 tenaga teknis fungsional tertentu. Namun usulan itu belum tentu akan menjadi kuota bagi Rembang.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang Suparmin, formasi yang diusulkan mayoritas tenaga kependidikan karena pada 2018-2020, pensiun paling banyak adalah guru.

“Kuota belum kita terima, tapi kita usul 365 formasi. Paling banyak untuk tenaga kependidikan,” terangnya kepada mataairradio.

Suparmin menyebutkan, jumlah formasi yang diusulkan Rembang belum ideal. Namun secara analisis beban kerja, distribusi PNS selama lima tahun, dan kemampuan anggaran, usulan itu memadai.

Apalagi, usulan jumlah formasi, juga mempertimbangkan angka pegawai pensiun. Pada 2018, ada 226 pegawai yang pensiun, 2019; 307 orang, 2020; 371 orang, 2021; 376 orang, dan 2022; 412 orang.

“Kalau bicara ideal ya belum ideal. Mengacu dari jumlah pegawai yang pensiun, kalau tahun ini ada rekrutmen, tahun depan mestinya jug ada lagi,” jelasnya.

Seleksi calon PNS atau ASN ini akan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) untuk tes kompetensi dasar dan bidang. Menurut Suparmin, sesaat setelah tes, hasilnya sudah bisa diketahui.

“Soal seleksi ini apakah difasilitas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau langsung BKN, kita belum tahu. Kalau Provinsi, nanti lokasi tesnya yang menentukan juga provinsi,” tegasnya.

Suparmin menambahkan, karena menggunakan sistem CAT, maka tidak ada istilah titipan dan sejenisnya. Hasil tes murni dari kemampuan peserta yang bersangkutan. Ia meminta diawasi oleh publik.

Sayangnya, hingga Sabtu (19/5/2018) siang, Pemkab Rembang belum menerima informasi secara pasti kapan rekrutmen dibuka. Namun tersiar kabar, proses rekrutmen akan dibuka Juni mendatang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan