Selama Ramadan, ASN Rembang Pulang Lebih Cepat

Selasa, 15 Mei 2018 | 12:42 WIB

Ilustrasi

 

REMBANG, mataairradio.com – Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Rembang akan pulang kerja lebih cepat selama Ramadan 1439 Hijriyah.

Paling siang, ASN di kabupaten ini akan pulang pukul 13.00 WIB.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang Suparmin menyebutkan, jam kerja ASN di bulan Ramadan dipangkas dari 37,5 jam menjadi 32,5 jam dalam sepekan.

“Kebijakan ini merujuk surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” katanya, Selasa (15/5/2018).

Di Rembang, ASN masuk pukul 07.00 dan pulang pukul 13.00 untuk hari Senin hingga Kamis. Hari Jumat pulang pukul 10.30, sedangkan Sabtu hingga pukul 12.00 WIB.

“Namun untuk organisasi perangkat daerah seperti rumah sakit, pengaturan jam kerja diserahkan kepada pimpinan setempat, tetapi tetap harus memenuhi 32,5 jam dalam seminggu,” terangnya.

Suparmin mengatakan, meski pulang lebih cepat karena jam kerja dipangkas lima jam, pelayanan tetap akan berlangsung secara optimal.

“Meski ada efisiensi, pelayanan tetap akan maksimal selama bulan Puasa,” ujarnya

Menurutnya, absen dengan finger print dibuka lebih pagi dan ditutup lebih siang.

“ASN sudah bisa absen masuk pukul 06.30, sedangkan absen pulang maksimal pukul 14.00 WIB,” jelasnya.

Finger print terkoneksi dan termonitor oleh BKD, sehingga ASN yang datang telat atau pulang lebih awal akan ketahuan.

Sanksi terhadap ASN yang telat atau membolos, akan diperhitungkan secara akumulatif dan dijatuhkan berdasarkan ketentuan disiplin pegawai.

Ia menambahkan, aturan ASN pulang lebih cepat berlaku sejak 1 Ramadan 1439 Hijriyah, hingga cuti bersama Lebaran.

“Karena nanti cuti bersama Lebaran sudah cukup lama atau sampai 10 hari, maka pimpinan OPD sudah diwanti-wanti untuk lebih selektif dalam mengabulkan permohonan cuti tambahan,” imbuhnya.

Kecuali, permohonan cuti itu karena sakit yang mewajibkan ASN dirawat atau alasan darurat lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang Subakti menyatakan sudah menyampaikan edaran mengenai perlakuan jam kerja ASN selama Ramadan kepada dinas dan instansi Pemerintah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan