Selain Gelaran PON, Ada Pameran Anggrek se-Indonesia di Papua

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 22:27 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tengah berkunjung ke Pantai Holtekamp untuk melihat anggrek-anggrek yang ada di sana, pada Sabtu (2/10/2021). (Foto: mataarradio.com)

 

PAPUA, mataairradio.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX yang dihelat di Papua ternyata tak hanya ajang kumpul para atlet olahraga. Dalam perayaan itu, ada acara yang cukup unik, yakni pameran anggrek se-Indonesia.

Bertempat di Pantai Holtekamp Jayapura, pameran anggrek itu diikuti oleh berbagai daerah di Indonesia. Anggrek-anggrek nan cantik berjejer rapi memanjakan para pecinta bunga yang indah itu.

Ketua dewan juri pameran anggrek di Pantai Holtekamp, Luky Silahoy mengatakan, ada 200 lebih peserta yang mengikuti lomba anggrek dalam festival itu. Selain anggrek, ada banyak ragam tanaman hias yang dipamerkan.

“Ini peserta dari seluruh Indonesia, ada 18 peserta dari luar Papua dan sisanya dari Papua,” katanya.

Anggrek di Indonesia lanjut Luky banyak sekali jenisnya. Ada 5.000 lebih jenis anggrek yang hidup di Indonesia.

“Dan di Papua ada 3000 lebih jenis anggrek yang sangat indah. Ini kita tampilkan agar masyarakat bisa mengetahui sekaligus menjadi wadah pecinta anggrek di Indonesia bertemu,” pungkasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang juga berada di Papua tak menyia-nyiakan acara pameran itu. Bersama istri, Siti Atikoh, Ganjar berkunjung ke Pantai Holtekamp untuk melihat anggrek-anggrek yang ada di sana.

Beragam jenis anggrek ada di tempat itu, termasuk anggrek dari Papua yang terkenal indah. Seperti anggrek Kerong, anggrek Jaya Wijaya, anggrek Intan Jaya dan lainnya. Anggrek dari Jawa Tengah juga mejeng di pameran itu.

“Ini menarik sekali, acara ini menurut saya sangat menarik karena dalam perayaan PON Papua tidak hanya bicara olahraga, tapi juga penyayang anggrek ada di sini,” kata Ganjar.

Hal itu tentu memberikan daya tarik tersendiri. Apalagi, anggrek-anggrek yang dihadirkan berasal dari seluruh daerah di Indonesia.

“Anggreknya bagus-bagus banget, dan mudah-mudahan ini bagian dari bagaimana flora kita juga bisa bicara khususnya anggrek pada dunia. Tanaman hiasannya juga banyak banget yang dipamerkan di sini, menurut saya ini kekayaan alam yang bagus,” jelasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan