Sejumlah Sekolah Di Rembang Buka PPDB Daring

Tuesday, 23 June 2020 | 17:02 WIB

Siswa SMK Umar Fatah Rembang bersiap menjalani UAS online, Rabu (2/12/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sejumlah sekolah tingkat SMA atau SMK di Kabupaten Rembang menggunakan sistem daring untuk melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Hal ini dilakukan selain memanfaatkan kecanggihan teknologi juga efek pandemi Covid-19 yang mengharuskan minimalisir kegiatan yang berpotensi tatap muka secara langsung.

Tri Noviantoro Wakil Kepala SMK NU Lasem menjelaskan, sejak Mei 2020 pihaknya sudah mulai membuka PPDB secara daring.

Calon siswa yang sudah tidak asing lagi dengan internet tentu akan sangat mudah untuk mengakses dan mendaftarkan diri di laman resmi PPDB SMK NU Lasem.

Setelah mengisi data maka calon siswa akan mendapatkan nomer registrasi dan bisa di lihat di pengumuman apakah sudah masuk atau belum.

Jika sudah maka calon siswa bisa daftar ulang dengan membayar sejumlah uang, melalui transfer atau datang langsung ke Kantor SMK NU Lasem, dengan tetap mentaati protokol kesehatan memakai masker dan mencuci tangan.

“Untuk tahun ajaran baru akan tetap kita mulai bulan Juli 2020, namun untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) apakah masih menggunakan sistem irtual atau tatap muka kita masih menunggu dari Dinas Pendidikan Provinsi karena SMA/SMK berada di bawah Provinsi,” ungkapnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh panitia SMK Negeri 1 Gunem yang menggunakan sistem daring dalam PPDB.

Ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu jaringan internet yang kadangkala kurang lancar lantaran lokasi SMK Negeri 1 Gunem berada di dataran tinggi di Kecamatan Gunem.

Sehingga membuat PPDB secara konvensional atau tatap muka masih dilakukan untuk membantu calon siswa yang kesulitan dalam mengakses atau memasukkan data ke laman PPDB SMK Negeri 1 Gunem.

Roziqin Waka Humas SMK Negeri 1 Gunem mengaku sudah ada sekitar 95 calon siswa yang saat ini terdaftar, dengan kapasitas ruang kelas mampu menampung 120 siswa.

Menurutnya persyaratan untuk mendaftar cukup mudah tinggal mengunggah surat pernyataan yang telah tersedia, memasukkan nilai selama lima semester saat SMP/MTS, dan beberapa persyaratan standart seperti foto diri dan kartu keluarga (KK).

“Kendalanya kita di jaringan internet Mas, jadi masih membuka pendaftaran konvensional,” ungkapnya.

 

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mukhammad Fadlil




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan