Sebuah Ruko Di Kawasan Masjid Lasem Habis Dilalap Api

Selasa, 7 Mei 2019 | 23:42 WIB

Petugas pemadam kebakaran memadamkan sebuah Ruko (rumah toko) yang dilalap api di kawasan masjid jami’ Lasem pada Selasa (7/5/2019) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

LASEM, mataairradio.com – Kebakaran terjadi pada sebuah Ruko (rumah toko) di kawasan masjid jami’ Lasem atau tepatnya jalan Eyang Sambu no 8 Desa Sumbergirang Kecamatan Lasem pada Selasa (7/5/2019) pagi tepatnya pukul 05.28 waktu setempat.

Ruko tersebut milik Rouf warga setempat yang dalam kesehariannya bekerja memperbaiki (service) telepon genggam.

Shofi AHmad Husnan salah seorang saksi mata mengatakan bahwa dirinya mendapatkan informasi ada kebakaran, langsung menuju TKP. Setelah sampai dan ternyata informasi tersebut benar pihaknya kemudian menghubungi pemadam kebakaran.

Sambil menunggu datangnya pemadam kebakaran, ternyata ada mobil tangki berisi air milik warga yang berada di sekitar lokasi, akhirnya dengan bantuan mobil tangki tersebut maka api berhasil dipadamkan sekitar setengah jam kemudian.

“Dari keterangan pemilik Ruko, setiap tutup listrik pasti dimatikan Mas, jadi kita belum tahu faktor penyebab kebakarannya,” ungkap aktifis PMI Rembang ini.

Sementara itu Wiyoto Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kabupaten Rembang membenarkan saat pihaknya meluncur menuju TKP api sudah padam atas bantuan mobil tangki milik warga yang kebetulan ada di sekitar lokasi. Pihak Damkar sendiri membawa dua armada yaitu satu mobil pemadam dan satu mobil tangki.

Sesuai standar operasinal prosedur (SOP) walaupun api sudah padam maka pihak Damkar tetap mengantisipasi adanya percik api dengan melakukan penyemprotan kembali di sekitar lokasi atau istilahnya dilakukan pendinginan.

Sampai saat ini kerugian belum bisa ditaksir, dan barang-barang yang ada didalam berupa telepon genggam yang akan diperbaiki ludes terbakar.

“Kalau dilihat dari bangunannya, tidak ada dapur dan potensi api Mas, kami menduga api berasal dari konsleting listrik,” terangnya.

Wiyoto mengingatkan kepada warga agar hati-hati jika meninggalkan rumah ataupun Ruko untuk mematikan aliran listrik yang ada. Dirinya juga bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan