Internet Lelet, Upload Scanning C1 Lamban di Rembang

Jumat, 11 Juli 2014 | 17:32 WIB
Ilustrasi.

Ilustrasi.

REMBANG, MataAirRadio.net – Proses mengunggah atau upload hasil scanning formulir C1 (data pemilih dan surat suara) serta lampiran C1 (data perolehan suara) di tingkat KPU Kabupaten Rembang ke situs KPU Pusat, berjalan lambat.

Hingga Kamis (10/7) malam, formulir C1 dan lampirannya yang terkirim ke KPU Pusat baru dari tujuh kecamatan. Komisioner KPU Kabupaten Rembang Maftuhin menjelaskan, jaringan internet lelet karena pengiriman data berlangsung serempak dari semua KPU se-Indonesia sehingga diduga overload.

Dia juga menjelaskan, setelah menerima formulir C1 dan lampirannya, KPU melakukan dua langkah yakni entri data dan scanning ke KPU Pusat. Entri data sudah selesai Jumat (11/7) pagi, sedangkan meski internet lelet, namun scanning diyakini sudah akan tuntas 14 kecamatan, sebelum 16 Juli mendatang.

Maftuhin menyebutkan, ada empat lembar dari formulir C1 yang discanning dan dikirimkan ke KPU Pusat. Menurutnya, entri data dan scanning ini sudah harus selesai sebelum 16 Juli nanti, karena pada tanggal tersebut KPU Kabupaten Rembang harus melalukan rekapitulasi manual tingkat kabupaten.

Dia menjelaskan, entri data dan scanning formulir C1 menjadi “backup” data saat rekapitulasi manual perolehan suara. “Backup ini dianggap penting, agar ketika terjadi pergeseran angka, akan bisa segera terlacak dan diketahui letak terjadinya pergeseran.

Maftuhin menambahkan, kesalahan input merupakan hal yang manusiawi. Namun dia berharap, setiap kesalahan sudah diketahui sejak level desa atau PPS. Dijelaskannya pula, jika terjadi kesalahan maka akan dilakukan perbaikan berdasarkan formulir C1 dan lampirannya di tingkat TPS.

Sementara itu, terkait dengan rekapitulasi di tingkat PPS, sejauh ini tinggal satu kecamatan yakni Sedan yang masih melakukannya. Maftuhin menyebutkan, rekap tingkat PPS memang dilakukan dalam rentang waktu tanggal 10-12 Juli, dan 21 desa di Kecamatan Sedan bersepakat untuk melakukan rekapitulasi baru pada hari Jumat (11/7) ini.

Selanjutnya, rekapitulasi akan dilanjutkan di tingkat kecamatan atau PPK pada 13 Juli nanti atau hari Minggu ini. Pihak KPU akan melakukan monitoring terhadap rekapitulasi di tingkat PPK. Dalam hal rekapitulasi, dilakukan dengan pengawasan panitia pengawas pemilu dan saksi dari pihak pasangan calon. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. boypeace

    Juli 12, 2014 at 8:58 am

    bawa sini saya bantuin upload, hehe

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan