Satu Kadin dan Empat Camat Kosong Tahun Ini

Kamis, 3 Mei 2018 | 13:59 WIB

Ilustrasi

 

REMBANG, mataairradio.com – Satu jabatan kepala dinas dan empat camat di Kabupaten Rembang akan kosong pada tahun ini. Satu pejabat definitif kepala dinas pensiun pada Oktober nanti dan empat camat pensiun per Mei ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang Suparmin mengungkapkan, kepala dinas yang pensiun Oktober nanti adalah Suyono. Kepala Dinas Perhubungan. Sedangkan empat camat; Sale, Bulu, Gunem, dan Rembang.

Kekosongan pada jabatan-jabatan itu diyakini tidak akan berdampak karena akan langsung disikapi dengan menempatkan pelaksana tugas (Plt). Pengisian pejabat definitif akan dilakukan pada tahun 2019 mendatang.

“Camat Sale Kurnadi di-Plt oleh Camat Sedan Subhan, Camat Bulu Taswadi di-Plt Camat Sulang Slamet Haryanto, Camat Gunem Edi Winarno di-Plt Sekcamnya Kusno, dan Camat Rembang Edi Kiswanto di-Plt Camat Kaliori Mustholih,” bebernya.

Suparmin mengungkapkan pula, kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama akan berlanjut pada tahun depan. Mereka yang akan pensiun pada tahun depan di antaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Suharso.

Selain itu, Asisten III Setda Noor Effendi, staf ahli Bupati; Hari Susanto, dan Kepala BPBD Purwadi Samsi. Terhadap kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama tahun depan, Pemkab akan langsung melakukan pengisian.

“Kalau tidak kami lakukan pengisian langsung, akan berdampak pada kinerja. Pengisian di tahun yang sama (2019, red.). Anggaran kita siapkan lewat APBD Induk 2019,” terangnya.

Menurutnya, pengisian akan dilakukan dengan mekanisme lelang jabatan, sesuai Peraturan Men-PAN RB Nomor 13 Tahun 2014. Meski jumlah ASN yang memenuhi syarat tersedia cukup, tapi seleksi tetap akan terbuka.

“Prinsipnya kami mengacu PP Nomor 11 Tahun 2017 dan Per-MenPAN RB Nomor 13 Tahun 2017, seleksi terbuka. Secara kualitatif dan kuantitatif, ASN di Rembang cukup, tapi seleksi terbuka tetap kami lakukan, karena itu hak,” tandasnya.

Suparmin menambahkan, secara umum, calon pejabat pimpinan tinggi pratama harus memenuhi syarat antara lain berpengalaman di bidangnya minimal lima tahun, pangkat terendah IVA, pernah Diklatpim III, dan sarjana.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan