Satu Calhaj Keloter 40 Rembang Gagal Berangkat

Tuesday, 8 August 2017 | 16:59 WIB

Para calon haji berasal dari Kabupaten Rembang bersiap berangkat dari gedung haji setempat ke Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (8/8/2017). Dari 348 calon haji yang tergabung pada Keloter 40, satu orang di antaranya gagal berangkat karena tiba-tiba sesak nafas. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Seorang calon haji berasal dari Kabupaten Rembang gagal berangkat bersama ke Asrama Haji Donohudan Boyolali pada Selasa (8/8/2017) setelah tiba-tiba sesak nafas menjelang pemberangkatan dari gedung haji setempat.

Calon haji itu Mohammad Cholil Suchaemi, warga RT 1 RW 1 Desa Sluke Kecamatan Sluke. Ia semestinya tergabung dalam kelompok terbang (Keloter) 40. Begitu sesak, Cholil sempat ditangani oleh tim medis panitia, sebelum dibawa ke rumah sakit setempat.

Anggota rombongan bus ketujuh ini membuat jumlah jemaah calon haji reguler di Kloter 40 yang bersangkat pagi itu, menjadi 347 orang atau sebelumnya 348 orang. Para calon haji diangkut dengan menggunakan delapan bus dan disediakan satu bus cadangan.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Shalehuddin membenarkan adanya insiden tersebut.

“Iya, tadi ada salah satu calon haji yang gagal berangkat pada hari ini, namun laporan secara resmi belum ada masuk. Tadi pas mau berangkat terlihat sesak nafas entah bagaimana, kemudian pihak keluarganya memutuskan tidak berangkat,” ujarnya.

Shalehuddin menyatakan belum bisa memastikan kapan yang bersangkutan berangkat menyusul ke Donohudan untuk selanjutnya terbang ke Tanah Suci. Sebab, pihaknya harus mendapatkan kepastian mengenai penyakit calon haji yang bersangkutan.

“Kalau kondisinya memungkinkan, kami akan susulkan (Mohammad Cholil Suchaemi) ke Donohudan. Berangkatnya ke Tanah Suci, akan kami lakukan dengan menunggu Keloter lain yang kosong. Tetapi jika tidak memungkinkan, bisa saja berangkat tahun depan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz ketika memberangkatkan 347 calon haji di Keloter 40 meminta kepada jemaah agar menjaga sikap selama berada di Arab Saudi.

“Jamah haji itu seperti duta, jadi di samping mewakili namanya sendiri juga mewakili nama negaranya. Saya minta para calon jamaah haji bisa menempatkan diri sebagai duta negara,” katanya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan