Saripetojo Rembang Dikepung Pabrik Es Pesaing

Kamis, 2 Juli 2015 | 17:34 WIB
Pabrik es Saripetojo Rembang milik PT CMJT saat dikunjungi Gubernur Jawa Tengah, Kamis (2/7/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Pabrik es Saripetojo Rembang milik PT CMJT saat dikunjungi Gubernur Jawa Tengah, Kamis (2/7/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 
LASEM, mataairradio.com – Unit Pabrik Es Saripetojo Rembang yang dikelola Perusahaan Daerah PT Citra Mandiri Jawa Tengah dikepung banyak pesaing. Tidak hanya dari Pati dan Kudus, tetapi juga dari luar provinsi, yaitu Tuban, Jawa Timur.

Kepala Unit Pabrik Es Saripetojo Rembang Joni Hartanto mengaku tak bisa mengungkit daya saing karena kapasitas pabrik masih 25 ton. Perlu tambahan mesin agar pabrik lebih kompetitif. Soal harga, sudah bisa bersaing, Rp15.000-Rp16.000 per balok. Apalagi banyak pelanggan Saripetojo yang masih loyal.

“Kalau kendala banyak, di antaranya pesaingnya. Dari Karisidenan Pati dan Tuban. Sementara kapasitas kita hanya 25 ton. Harga masih standar. Per balok Rp15.00-Rp16.000. Masih banyak yang loyal dengan Saripetojo, sehingga memilih membeli dari kita,” katanya.

Mengenai kebangkitan Saripetojo Rembang yang berlokasi di sebelah timur Terminal Lasem, Joni mengaku berhasil menerobos pasokan es ke kapal-kapal cantrang. Cara itu membuat perusahaan kembali menuai untung sejak 2014.

Tetapi karena kapal cantrang segera dilarang beroperasi, pihaknya menyiapkan alternatif. Kapal mini purseseine dan jenis Sarang-Tayu akan dibidik. Selain itu, dengan dibantu 25 orang karyawan, Saripetojo akan menyasar ke industri pengalengan ikan.

“Semua dari kerjasama rekan-rekan di pabrik sini. Ada terobosan. Dulu nggak berani masuk ke kapal cantrang, kini berani. Kebijakan Menteri Susi bakal ada dampak sih. Tapi kita sudah bidik kapal mini purseseine. Perusahaan seperti pengalengan ikan, kita juga masuk,” tegasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang mengunjungi pabrik es itu pada Kamis (2/7/2015) pagi meminta Saripetojo untuk mengajukan proposal baru. Menurutnya, jangan sampai menunggu kurva bisnis es ini turun, baru membuat proposal. Saripetojo Rembang disebut perlu meremajakan mesin produksi.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan