Rusak Mesin, Kapal Turis Ditepikan ke Rembang

Rabu, 16 Desember 2015 | 19:12 WIB
Kapal layar yang ditumpangi turis asing, Rabu (16/12/2015) sore, masih terapung sandar di Perairan Tasikagung Rembang akibat kerusakan pada mesinnya. (Foto:  Mukhammad Fadlil)

Kapal layar yang ditumpangi turis asing, Rabu (16/12/2015) sore, masih terapung sandar di Perairan Tasikagung Rembang akibat kerusakan pada mesinnya. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kapal layar yang ditumpangi turis asing ditepikan ke Perairan Rembang karena mengalami kerusakan mesin, Rabu (16/12/2015) siang.

Kapal layar berwarna putih dengan bendera merah putih itu, mengangkut 4 orang yang terdiri atas tiga orang turis dan seorang pemandu wisata lokal.

Berdasarkan pantauan reporter mataairradio, satu awak di antaranya merupakan seorang perempuan.

Dari informasi yang dihimpun, kapal layar itu ditarik oleh KM Prima Putra yang dinahkodai oleh Sholikin dari kawasan Perairan Masalembo, Madura, Jawa Timur.

Baik kapal layar maupun kapal motor nelayan penariknya tiba di areal Pelabuhan Tasikagung Kecamatan Rembang sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka berangkat pada Selasa (15/12/2015) malam.

Komandan Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Rembang Lettu (Laut) Hartono menyebutkan, kapal layar itu mengalami kerusakan pada mesinnya.

“Ketika nelayan di Rembang berpapasan dengan kapal tersebut, mereka minta tolong untuk ditarik ke daratan,” tuturnya.

Kapal layar itu, menurut Hartono, merupakan kapal dari Indonesia yang disewa oleh para turis.

“Mungkin mereka dari Bali tapi ketika di tengah laut mesinnya mengalami kerusakan,” imbuhnya.

Petugas dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Rembang terkendala teknis untuk mengevakuasi awak kapal layar itu ke daratan.

Kapal patroli yang sedianya akan dipakai untuk menjemput turis itu, justru kandas lebih dulu saat dilabuhkan di Sungai Karanggeneng.

“Kapal patroli sempat kandas. Giliran pukul 15.30 WIB air laut pasang dan kapal patroli bisa dijalankan, kondisi laut bergelombang tinggi. Kami pun putar balik setelah sempat berangkat menuju tempat sandar kapal layar,” terang petugas KPLP Rembang Eko Teguh Siswanto.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan