Ribuan Warga Antarkan Hamzah-Ridwan Daftar ke KPU

Selasa, 28 Juli 2015 | 16:36 WIB
Hamzah Fatoni dan Ridwan ketika diarak dengan berjalan kaki dari halaman Stadion Krida menuju Kantor KPU Rembang, Selasa (28/7/2015) siang. (Foto: Pujianto)

Hamzah Fatoni dan Ridwan ketika diarak dengan berjalan kaki dari halaman Stadion Krida menuju Kantor KPU Rembang, Selasa (28/7/2015) siang. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Ribuan warga mengantarkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Rembang Hamzah Fatoni-Ridwan untuk mendaftar di KPU setempat, Selasa (28/7/2015) siang sekitar pukul 11.00 WIB. Pasangan tersebut didaftarkan oleh PKB, PDIP, dan Partai Gerindra.

Hamzah-Ridwan diarak oleh massa yang terdiri atas kader dari ketiga partai tersebut dan berjalan kaki dari Stadion Krida ke Kantor KPU. Sebelumnya tim sukses pasangan ini mendeklarasikan duet Hamzah-Ridwan di halaman markas PSIR. Di situ, Hamzah memaparkan visi dan misinya sebagai calon bupati.

Hamzah mengaku sudah bulat maju sebagai kepala daerah bersama Ridwan. Menurutnya, pembangunan Rembang pada lima tahun mendatang memerlukan pemimpin yang berpengalaman, tahu pokok permasalahan, serta mengerti cara mengatasi masalah dan teruji melayani masyarakat.

“Dengan pancatama, yakni membangun tata kelola pemerintahan yang profesional, meningkatkan pemerataan pembangunan pada lapisan masyarakat dan antar-wilayah, meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pelayanan pendidikan dan kesehatan,

meningkatkan inovasi dan produktivitas dunia usaha, serta membangkitkan fungsi dan peran keluarga sebagai modal pembangunan,” paparnya.

Setelah menguraikan visi dan misi selama 15 menit di hadapan ribuan pendukung, Hamzah-Ridwan berjalan kaki ke Kantor KPU dengan diiring pula oleh ketua parpol koalisi. Jarak Stadion Krida ke Kantor KPU sekitar 500 meter. Arus lalu lintas menjadi tersendat beberapa saat.

Sampai di halaman Kantor KPU, tidak semua massa diperbolehkan masuk. Petugas di KPU hanya mempersilakan sekitar 50 orang untuk masuk dan sisanya agar menunggu di luar pagar kantor. Sementara di halaman ruangan pendaftaran, pasangan Hamzah-Ridwan dan tim, disambut oleh Ketua KPU Rembang.

Begitu dipersilakan masuk, pasangan yang diusung Koalisi Membangun Rembang (Kibar) langsung menyerahkan berkas pendaftaran secara pencalonan dan calon. Komisioner Divisi Pencalonan KPU Rembang Adib Ulinnuha yang memeriksa berkas itu menyatakan ada sebagian dokumen yang perlu dilengkapi.

“Ijazah SMA perlu dilengkapi, kemudian surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang yang merugikan negara, kemudian surat tanda terima LHKPN dari KPK, dan keterangan tidak pailit dari Pengadilan Niaga,” bebernya.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud menambahkan, pasangan Hamzah Fatoni-Ridwan diusung oleh Koalisi PKB, PDIP, dan Partai Gerindra yang memiliki total 16 kursi di parlemen. Secara aturan, memenuhi syarat pencalonan karena kualifikasinya minimal 9 kursi.

Terhadap berkas syarat calon yang kurang, Ketua KPU kembali mengingatkan untuk dilengkapi pada rentang waktu tanggal 4-7 Agustus mendatang. KPU akan menyatakan tidak memenuhi syarat terhadap pasangan yang tidak melengkapi satu saja syarat calon karena bersifat mutlak.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan