Soal Resepsi Disinyalir Bersponsor, Plt Bupati Dikhawatirkan Dipermainkan

Rabu, 10 Desember 2014 | 16:03 WIB
Ilustrasi (Foto:4.bp.blogspot.com)

Ilustrasi (Foto:4.bp.blogspot.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Sinyal yang berkembang di masyarakat tentang resepsi pernikahan anak dari Plt Bupati Rembang yang diduga dialiri dana sponsor, memantik kekhawatiran dari beberapa kalangan.

Ketua Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyatakan khawatir Plt Bupati sedang dipermainkan oleh oknum di birokrasi atau sedang ada upaya untuk menjatuhkan nama baik Abdul Hafidz yang hampir pasti maju Pilkada 2015.

“Resepsi yang seolah menghormati Plt Bupati, justru bisa menjungkalkan, apabila sinyal dana sponsor atau dana ilegal, benar mengalir ke acara resepsi pernikahan anaknya,” katanya.

Yaqut pun menyebut praktek memanfaatkan pejabat untuk kegiatan di luar urusan pemerintahan, sebagai warisan orde baru.

Rabu (10/12/2014) ini, pihaknya juga menyiapkan tim untuk mengklarifikasi informasi yang mengalir dari sejumlah orang, terkait sinyal aliran dana sponsor itu.

“Informasi itu, memang masih perlu divalidasi,” katanya.

Sebelumnya Yaqut yang juga Ketua DPC PKB Rembang ini mengatakan, perlu ada penjelasan tentang uang yang digunakan untuk menghelat resepsi itu, sehingga sampai Sekda Rembang Hamzah Fatoni didaulat sebagai ketua panitia acara.

“Karena ketua panitianya adalah Sekda, maka patut diduga ada pelanggaran, sehingga publik perlu bertanya, uang untuk menggelar resepsi dari APBD atau bukan. Tidak soal resepsinya, tetapi anggaran yang dipakai untuk menghelatnya,” tandasnya.

Sebab, kalau dari APBD, itu bagian dari korupsi. Jika pun bukan berasal dari dana APBD, pihak Pemkab Rembang perlu pula menjelaskan asal dananya.

“Jika benar, ada dana dari sponsor yang mengalir ke acara yang mengundang ribuan orang itu, maka yang demikian adalah bentuk gratifikasi yang masuk korupsi,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang Hamzah Fatoni yang dikonfirmasi hanya mengatakan “alhamdulillah kalau ada tudingan seperti itu”. Ia memastikan tidak ada sponsor dan dana-dana ilegal yang digunakan untuk acara resepsi pernikahan anak dari Plt.

“Saya pun lebih suka ditunjukkan siapa sponsornya,” ujarnya singkat.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan