Renovasi Selesai, Pedagang Pasar Lasem Belum Tinggalkan Relokasi

Kamis, 25 Desember 2014 | 15:47 WIB
Aktivitas warga di tempat relokasi Pasar Lasem.

Aktivitas warga di tempat relokasi Pasar Lasem.

 

LASEM, mataairradio.com – Sekitar 208 pedagang di Pasar Lasem belum meninggalkan tempat relokasi, meski renovasi pasar tersebut sudah selesai lebih awal pada 27 November 2014 atau maju 13 hari dari kontrak pekerjaan.

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Lasem Ahmad Hasan mengungkapkan, antarpedagang harus saling mengantre tukang untuk membongkar lapak darurat di tempat relokasi dan menata kembali di areal dalam pasar yang telah direnovasi.

“Sampai Kamis (25/12/2014) ini, belum ada 10 persen pedagang yang pindah ke dalam. Para pedagang diberikan tenggat waktu hingga 31 Desember nanti untuk memberesi semua lapak di tempat relokasi, sehingga per 1 Januari 2015, sudah kembali berjualan di areal dalam pasar,” ungkapnya.

Kepala Bidang Bina Pasar Dinas Perindagkop dan UMKM Rembang Waras mengonfirmasi belum pindahnya semua pedagang dari tempat relokasi karena memang harus bertahap.

“Para pedagang sudah mulai pindah ke dalam sejak 15 Desember kemarin. Ya bertahap, karena mereka juga harus menata barang dagangan di los dalam yang baru ditempati,” ujarnya.

Dia membenarkan, semua pedagang yang terdata harus kembali berjualan di areal dalam Pasar Lasem, mulai 1 Januari mendatang. Jalanan di sebelah timur pasar yang selama ini paling banyak menampung pedagang relokasi, sudah harus bersih pada tanggal pertama tahun depan.

Waras membenarkan pula, renovasi tahap pertama Pasar Lasem masih menyisakan keluhan pedagang di areal selatan pasar karena masih becek di sana-sini akibat ketinggian permukaan yang tidak sama.

“Jalanan pasar pun masih perlu di-paving. Tahun depan, rencananya akan kami perbaiki dengan dana alokasi khusus sebesar Rp1,8 miliar,” ungkap Waras.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Rembang menata Pasar Lasem dengan anggaran dana alokasi khusus senilai Rp2,3 miliar, mulai 28 Agustus 2014. Sedianya, renovasi bakal menelan waktu 105 hari atau hingga 10 Desember 2014. Namun pekerjaan sudah bisa selesai 13 hari lebih awal.

Pasar Lasem menampung sebanyak total lebih dari dari 700 pedagang. Penataan kemarin ini dilakukan dengan peninggian bagian los dan penambahan kios. Ada 11 los yang ditinggikan dan ada tambahan lima kios baru. Saluran dan jalanan pasar juga ditata, sehingga tidak becek atau tergenang air lagi saat hujan.

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan