Rembang Siapkan Lima Tim Pemantau Hewan Kurban

Selasa, 8 September 2015 | 16:50 WIB
Petugas kesehatan ternak mengecek beberapa kambing kurban menjelang Idul Adha 1435 Hijriah. (Foto: Pujianto)

Petugas kesehatan ternak mengecek beberapa kambing kurban menjelang Idul Adha 1435 Hijriah. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Rembang menyiapkan lima tim pemantau kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha 1436 Hijriah.

Lima tim itu terdiri atas lima dokter hewan dan 40 petugas kesehatan. Mereka dibagi di lima eks wilayah kawedanan di antaranya Lasem, Kragan, Sulang, dan Pamotan.

Kepala Bidang Peternakan pada Distanhut Rembang Agus Iwan Haswanto, Selasa (8/9/2015) mengatakan, lima tim akan memerika kondisi hewan kurban yang dijual di pasar-pasar maupun yang ditampung di tempat-tempat pengepul.

“Tim ini akan kami terjunkan sejak seminggu sebelum Idul Adha,” katanya ketika dihubungi mataairradio.

Menurut Agus Iwan, pemeriksaan hewan kurban sebelum dipotong difokuskan pada fisik ternak antara lain usia yang ditandai dengan tanggalnya gigi susu dan tidak cacat.

“Selain itu, kami ingatkan pula kepada panitia kurban agar mengecek ternak dengan sorot mata cerah dan tidak kekuningan, serta tidak demam dan lincah dalam bergerak,” terangnya.

Selanjutnya pada hari H, petugas akan memeriksa kualitas daging dan jeroan hewan kurban yang telah dipotong, karena ada beberapa penyakit yang dapat diketahui dari kondisi jeroannya seperti cacing hati.

“Khusus jika ditemui demam, kami meminta kepada panitia kurban agar segera menghubungi petugas, untuk diperiksa ternaknya,” tandasnya.

Terkait ketersediaan hewan kurban di Rembang, Agus Iwan mengatakan, total populasi sapi di kabupaten ini sekitar 120.000 ekor dengan perkiraan untuk kebutuhan kurban 1.000 ekor.

“Sedangkan populasi kambing sekitar 250.000 ekor dengan perkiraan kebutuhan kurban 3.000 ekor,” sebutnya.

Dia menyebutkan, harga sapi ukuran standar kurban saat ini berada di kisaran Rp16 juta-Rp18 juta per ekor, sedangkan kambing Rp2,5 juta per ekor.

“Jika berdasar timbangan hidup, harga sapi standar kurban di kisaran Rp39 ribu-Rp40 ribu per kilogram hidup, sedangkan kambing Rp50 ribu per kilogram hidup,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan