Alun-alun Rembang Tak Masuk Penilaian Adipura

Rabu, 12 November 2014 | 13:22 WIB
Proyek pembangunan alun-alun Kota Rembang. (Foto:Rif)

Proyek pembangunan alun-alun Kota Rembang. (Foto:Rif)

 

REMBANG, mataairradio.com – Alun-alun Rembang tak dimasukkan dalam item penilaian tahap pertama Adipura tahun 2015 di Kabupaten Rembang. Hal ini karena wajah kota itu sedang dalam penataan tahap akhir dan direncanakan selesai pada 16 Desember 2014.

“Tahun ini yang jelas alun-alun ‘off’. Tidak dinilai. Berarti bilangan pembaginya berkurang satu. Kalau dinilai, hasilnya akan tidak maksimal,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Rembang Purwadi Samsi saat dikonfirmasi mengenai penilaian tahap pertama Adipura 2015, Rabu (12/11/2014) pagi.

Sebagai gantinya, menurut Purwadi, taman-taman kota seperti di Borotugel Desa Kabongan Kidul dan Mondoteko, sudah lebih dimaksimalkan untuk aksi penilaian. Selain itu, pengelolaan di tempat pembuangan akhir sampah di wilayah Desa Landoh Kecamatan Sulang, telah disiapkan lebih baik.

“Taman-taman kota dan ruang terbuka hijau seperti di wilayah GOR Besi sudah dimaksimalkan. Demikian juga dengan TPA Landoh telah disiapkan lebih baik. Instalasi pipa pengolahan yang sempat rusak saat penilaian Adipura tahun lalu, pun telah dibenahi,” tandasnya.

Purwadi menambahkan, kunci keberhasilan Rembang untuk meraih Adipura 2015 adalah kemampuan mengelola persampahan dan TPA. Bank sampah di 17 sekolah di wilayah Kecamatan Rembang pun diharapkannya bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

“Jika mengacu pada standar nilai peraih Adipura yang 75 poin, maka kita telah siapkan titik-titik pantau agar memenuhi kualifikasi itu. Apalagi kesadaran di tingkat masyarakat akan kebersihan berkecenderungan semakin baik,” katanya.

Penilaian tahap pertama Adipura 2015 sudah dilakukan Selasa (11/12/2014). Jalan Pantura mulai Gajahmada hingga Sudirman, kemudian semua ruas jalan protokol Kota Rembang, lalu semua sekolah, rumah sakit, dan sungai terbuka di wilayah Kecamatan Rembang, tak luput dari pemantauan untuk dinilai.

Tim Penilai Adipura juga menyisir sejumlah perumahan dan Pasar Rembang. Pemantauan penilaian berlangsung selama satu hari penuh dan hasilnya baru akan bisa diketahui pada Desember 2014 atau Januari 2015. Rembang optimistis meraih Adipura keempat setelah 1998, 2010, dan 2012.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan