Pemuda Rembang Berebut Isi 1.600 Lowongan Kerja

Kamis, 24 April 2014 | 19:31 WIB
Sejumlah kaum muda di Rembang mengikuti bursa kerja yang digelar Plan Indonesia, di Balai Kartini, Kamis (24/4) pagi. (Foto:Pujianto)

Sejumlah kaum muda di Rembang mengikuti bursa kerja yang digelar Plan Indonesia, di Balai Kartini, Kamis (24/4) pagi. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Sekitar 700 orang pemuda dari berbagai daerah di Kabupaten Rembang, Kamis (24/4) pagi, berebut mengisi 1.600 lowongan pekerjaan dari sejumlah perusahaan, dalam bursa kerja yang digelar Plan International Indonesia bersama Pemkab Rembang dan Magistra Utama.

Sebelumnya atau sejak Selasa (22/4) kemarin, para pemuda itu mengikuti seminar karier yang digelar Plan International Indonesia, di Balai Kartini Rembang, bertajuk “Menjadi Pekerja Idaman”.

“(Pada) bursa kerja ini menyediakan 1.600 lowongan pekerjaan, dengan berbagai jenis usaha, seperti restoran, bisnis retail, industri, garmen, hingga otomotif,” kata Project Manager Youth Economic Empowerment Plan International Indonesia, Lukas Kristian.

Lukas menjelaskan, bursa kerja ini sebagai bagian dari program pemberdayaan ekonomi untuk kaum muda di Kabupaten Rembang. Program ini dilaksanakan rutin enam bulan sekali, bekerja sama dengan Pemkab Rembang dan Magistra Utama.

Angka pengangguran di Kabupaten Rembang masih berkisar di angka 5,8 persen dari angkatan kerja yang berjumlah 336.613 orang, sesuai data Satkernas 2012.

“Program pemberdayaan ekonomi kaum muda ini diharapkan bisa membantu Pemerintah Kabupaten Rembang dalam mengurangi angka pengangguran,” terangnya.

Menurut Lukas, saat ini sekitar 500 anak muda di Kabupaten Rembang sudah mendapatkan pekerjaan melalui bursa kerja yang digelar Plan, yang dimulai sejak tahun lalu.

“Tingginya antusias kaum muda dengan usia 18 hingga 24 tahun di Rembang yang mengikuti event ini, mendorong kami untuk menggelar bursa kerja ini secara periodik per enam bulan. Apalagi, permintaan dari perusahaan juga banyak,” katanya.

Lukas pun mengungkapkan, tiga perwakilan kaum muda di Rembang menyampaikan testimoni di bursa kerja ini atas keberhasilan mereka s mengikuti program YEE dari Plan International Indonesia. Dua dari mereka bahkan telah berpartisipasi di forum internasional kaum muda, di Belanda dan Filipina. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan