Rembang Expo 2014 Berlangsung Tanpa Pesta Kembang Api

Rabu, 11 Juni 2014 | 16:45 WIB
Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Rembang Muntoha. (Foto:Pujianto)

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Rembang Muntoha. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Pameran dagang, industri, dan usaha mikro-kecil menengah di Kabupaten Rembang atau Rembang Expo akan kembali digelar mulai 14-21 Juni 2014. Pameran terakbar di Rembang ini sempat diwarnai usulan penundaan karena berbarengan dengan masa kampanye Pilpres.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Kabupaten Rembang Muntoha mengatakan, usulan untuk menunda perhelatan Rembang Expo dari bulan Juni menjadi setelah Pilpres, sempat dilontarkan oleh pihak kepolisian.

Namun pihaknya meyakinkan, Rembang Expo bukan “event” politik, sehingga mestinya tetap berjalan. Apalagi pilihan menggelar pameran di bulan Juni dianggap tepat karena sebelum bulan Puasa. Pihak polisi pun mengabulkannya dengan catatan tanpa pesta kembang api.

Rembang Expo 2014 disebut berbeda dari tahun sebelumnya. Jika tahun lalu, pihak Disperindagkop menunjuk “event organizer”, Rembang Expo 2014 dikerjakan secara kontraktual dengan CV Putra Pramudya atau 2P dari Semarang.

Kepala Disperindagkop menyebutkan, nilai kontrak pengerjaan Rembang Expo 2014 sekitar Rp170 juta lebih. Sementara total anggaran dari APBD Kabupaten untuk penyelenggaraan pameran dagang tahunan ini mencapai Rp200 juta.

Menurut Muntoha, sisa anggaran dari kontrak pengerjaan digunakan untuk membiayai acara pembukaan dan penutupan Rembang Expo. Di pameran kali ini, 120 dari 240 total stan di Rembang Expo diberikan secara gratis kepada UMKM yang ditunjuk melalui SK Bupati.

Rembang Expo 2013 membukukan transaksi tunai sebesar Rp2,4 miliar dan order senilai Rp2,1 miliar dengan pengunjung sebanyak 110.000 orang. Transaksi Rembang Expo 2014 ditarget naik 10 persen, baik tunai, order, maupun jumlah pengunjung.

Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang Sugiyanto menambahkan, produk usaha mikro-kecil dan menengah yang tersaji di Rembang Expo 2014, cukup beragam. Mulai berbagai macam produk kerajinan, kuliner, dan koperasi. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan