Rembang dapat Tambahan Pupuk Bersubsidi 10.000 Ton

Minggu, 5 November 2017 | 13:29 WIB

Petani melakukan pemupukan pada tanaman padinya. Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang menganjurkan dosis pemupukan berimbang untuk memelihara unsur hara pada tanah. (Foto: petroganik.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang memperoleh tambahan pupuk bersubsidi 10.000 ton untuk mencukupi kebutuhan pupuk para petani pada musim tanam pertama November-Desember 2017.

Kepastian tambahan alokasi pupuk bersubsidi bagi Rembang berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jateng melalui surat nomor 521.34/884/2017 per tanggal 24 Oktober 2017.

Kepala Seksi Alsintan Pupuk dan Pestisida pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Ika Himawan Affandi merinci, tambahan alokasi pupuk bersubsidi itu untuk Urea 4.400 ton, SP36 1.000 ton, ZA 1.300 ton, dan NPK 3.300 ton.

“Untuk organik tetap 8.000 ton. Tidak ada tambahan,” kata Ika kepada mataairradio.com, Ahad (5/11/2017) pagi.

Dengan adanya tambahan pupuk bersubsidi itu, menurut dia, daerahnya tidak akan kekurangan pupuk pada MT I.

“Saya kira aman kebutuhan pupuk petani hingga akhir tahun, dengan adanya tambahan alokasi pupuk itu,” katanya.

Rencananya, tambahan alokasi itu akan didistribusikan sesuai kebutuhan di setiap kecamatan, pekan depan.

“SK dari Kepala Dinas (Pertanian dan Pangan) sudah kita siapkan, untuk realokasi pupuk. Tinggal ditandatangani,” katanya.

Sebelumnya, Pihak Dinas Pertanian sudah mengajukan tambahan alokasi pupuk bersubsidi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, untuk mencukupi kebutuhan pupuk di daerahnya.

Sebelum ada penambahan, alokasi pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian di Kabupaten Rembang; Urea 21.600 ton, SP36 4.200, ZA 10.780, NPK atau Phonska 13.400, dan pupuk organik tetap 8.000 ton.

“Persiapan MT I akan lebih diintensifkan monitoring dan pengawasan peredaran pupuk oleh tim verifikasi dan validasi kita di setiap kecamatan. Teman-teman PPL juga ikut membantu pengawasannya,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan