Rembang Sikapi Syarat CPNS Wajib Pakai e-KTP

Kamis, 21 Agustus 2014 | 18:15 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini mewajibkan seluruh pesertanya menggunakan elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) saat melamar melalui online. Sementara di Kabupaten Rembang, sekitar 10 persen warga belum tercetak elektonik KTP-nya lantaran kendala teknis dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rembang Daenuri mengklaim, syarat penerimaan CPNS yang menggunakan e-KTP tidak sampai menimbulkan kendala. Pasalnya, mereka yang e-KTP-nya belum keluar, tetap dilayani dengan KTP reguler atau biasa.

Meski ber-KTP biasa, data mereka sebelumnya tetap direkam sebagaimana e-KTP sehingga langsung masuk Pusat. Daenuri menegaskan tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal syarat e-KTP untuk tes seleksi CPNS. Apalagi, KTP biasa menurut Menteri Dalam Negeri masih berlaku hingga Desember 2014.

Seperti diberitakan, Tim Audit IT Panselnas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta setiap pelamar agar memiliki e-KTP, sebelum mendaftar. Bagi yang belum memiliki, harus mengurus e-KTP terlebih dahulu ke kecamatan masing-masing.

Keharusan e-KTP ini agar data pelamar yang mendaftar sama dengan data yang ada di Pemerintah. Tahun lalu, pelamar CPNS yang belum memiliki e-KTP bisa menggunakan paspor. Tetapi untuk tahun ini, peraturan tersebut tidak lagi berlaku.

Jadi masyarakat yang tidak memiliki e-KTP dipastikan tidak dapat melamar CPNS tahun ini. Daenuri menekankan, mereka yang masih mengantongi KTP reguler atau biasa dan mendaftar CPNS, sudah terekam datanya untuk e-KTP. Namun, fisik e-KTP-nya belum tercetak karena blankonya belum dikirim.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka pendaftaran secara online seleksi CPNS 2014 melalui portal nasional Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mulai Rabu 20 Agustus kemarin.

Para pelamar yang berminat bisa mengunjungi situs http://sscn.bkn.go.id dan https://panselnas.menpan.go.id/ untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lainnya. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan