Rekap Tuntas, PPP dan Demokrat Sama Kuat

Minggu, 20 April 2014 | 19:25 WIB
Rekapitulasi perolehan suara secara manual dari Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Rembang pada Sabtu (19/4) pagi. (Foto:Pujianto)

Rekapitulasi perolehan suara secara manual dari Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Rembang pada Sabtu (19/4) pagi. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang memilih menuntaskan rekapitulasi perolehan suara dari Pemilu Legislatif hingga Minggu (20/4) sekitar jam satu dini hari. Rekapitulasi memakan waktu 15 jam dan langsung dituntaskan karena permintaan dari 12 partai politik melalui saksi mereka.

Sepanjang rekapitulasi, beberapa kali komisioner mengalami salah ucap atau salah baca hasil perolehan suara parpol maupun caleg. Namun secara sigap dan tegas, saksi langsung memprotesnya sehingga terkoreksi. Rekapitulasi pun diwarnai protes keberatan dari saksi dan parpol.

Tiga kali protes keberatan itu, yakni salah catat perolehan Caleg Gerindra Provinsi Jateng di TPS 7 Selopuro-Lasem, pencoretan perolehan suara yang tidak disertai paraf KPPS di satu TPS di Sekarsari-Sumber, dan salah catat perolehan Caleg PPP Dapil Pamotan-Sale di satu TPS Rendeng-Sale.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud menjelaskan, tiga keberatan telah diklarifikasi dengan disaksikan Panwaslu, bahkan hingga membuka C-1 plano dan tuntas. Rekapitulasi sempat ditarget rampung tiga hari, namun selesai lebih cepat karena rekap di tingkat PPS dan PPK lancar.

Kasnadi, saksi dari DPD Partai Golkar Rembang mengatakan, rekapitulasi diusulkan dituntaskan sekalian, karena penghitungan manual telah selesai sekitar jam sepuluh malam. Karena waktunya cukup, maka dilembur hingga selesai agar tidak memiliki tanggungan di keesokan hari.

Soal penyelesaian tuntas rekapitulasi yang hingga jam satu malam, dia menyebut tak masalah. Durasi tiga jam setelah penghitungan suara, habis digunakan saksi untuk menandatangani 1.190 lembar berkas kesaksian mulai DPR, DPD, DRPD Provinsi, dan DPRD Kabupaten per kecamatan dalam tujuh dapil.

Hidayat, saksi dari Partai Amanat Nasional pun mengatakan, kalau bisa diselesaikan tuntas sehari, buat apa ditunda hingga dua atau tiga hari. Menurutnya, terus fokus selama 15 jam tidak jadi masalah, asalnya rekapitulasi berjalan lancar dan tidak ada kecurangan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat KPU Kabupaten Rembang, PPP diketahui menang di lima kecamatan yakni Lasem, Pancur, Sarang, Sedan, dan Pamotan. Demikian juga Partai Demokrat, unggul di lima kecamatan; Sluke, Kragan, Sulang, Gunem, dan Kaliori.

PDI Perjuangan berjaya di Kecamatan Sumber dan Sale. Di Kecamatan Rembang dimenangi Partai Gerindra, dan Kecamatan Bulu diungguli PKB. Secara kursi, PPP 10 kursi, Demokrat 8 kursi, PKB 6 kursi, PDIP dan Gerindra masing-masing 5 kursi, Partai Nasdem dan Golkar masing-masing 3 kursi, Partai Hanura dan PAN masing-masing dua kursi, dan PKS satu kursi. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan