Menag Kunjungi Gus Mus Bicarakan Regulasi Haji

Saturday, 14 June 2014 | 17:27 WIB
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin mengunjungi KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di kediamannya, kompleks Pesantren Raudlatut Thalibien, Leteh, Rembang, Sabtu (14/6) sore. (Foto:Pujianto)

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin mengunjungi KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di kediamannya, kompleks Pesantren Raudlatut Thalibien, Leteh, Rembang, Sabtu (14/6) sore. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin mengunjungi KH Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus di kediamannya, kompleks Pesantren Raudlatut Thalibien, Leteh, Rembang, Sabtu (14/6) sore. Keduanya sempat membicarakan soal regulasi haji.

Ditemui usai perbincangan dengan Gus Mus, Lukman menyatakan, Pemerintah sedang mengajukan Rancangan Undang-Undang atau RUU tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Sistem dan penyelenggaran haji perlu ditata lebih baik, agar potensi korupsi bisa ditekan.

Menurut Menag, selama ini antara penyelenggaraan ibadah haji dan pengelolaan keuangan haji disatukan di bawah Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh. Dia menyebut, penyatuan ini mengakibatkan tugas dan tanggung jawab yang diemban menjadi terlalu berat.

Setelah RUU tersebut disahkan nantinya, maka hanya penyelenggaraan ibadah haji yang akan dikelola oleh Kementerian Agama, sedangkan pengelolaan keuangan haji akan dilakukan oleh lembaga atau badan khusus di luar Kemenag.

Dalam perbincangan dan mengobrol santai selama 45 menit, Gus Mus antara lain membicarakan tentang seorang yang sudah berulang kali haji. Gus Mus mengatakan mereka yang sudah berulang kali berhaji, mestinya memberikan kesempatan lebih dulu kepada mereka yang belum sama sekali.

Dikonfirmasi mengenai adakah kemungkinan berhaji dibatasi, Lukman mengatakan, hal itu belum akan menjadi pokok isu yang dibahas pada RUU tentang Pengelolaan Keuangan Haji. Fokusnya Kementerian Agama saat ini adalah mengupayakan pengelolaan keuangan haji lebih baik.

Pihaknya memperkirakan, pembahasan RUU ini akan rampung sebelum musim haji tiba karena estimasi waktu yang dibutuhkan hanya tiga bulan ke depan. Sementara musim haji, baru akan tiba awal Oktober 2014. Fraksi di DPR, diklaim mendukung RUU tersebut.

Selain mengunjungi Gus Mus, Menteri Agama pengganti Suryadharma Ali ini juga mengunjungi KH Maimoen Zubair di kompleks Pesantren Al-Anwar Karangmangu Kecamatan Sarang. Lukman tiba dengan menumpang mobil Toyota Camry warna Hitam RI 33 sekitar jam setengah empat sore. Sepulang dari Rembang, rombongan menuju Sarang. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan