Razia Parkir Liar Jalan Pemuda Belum Manjur

Minggu, 29 Maret 2015 | 16:08 WIB
Aksi penertiban parkir liar di Jalan Pemuda Rembang, Kamis (26/3/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Aksi penertiban parkir liar di Jalan Pemuda Rembang, Kamis (26/3/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Razia terhadap parkir liar di pangkal Jalan Pemuda Rembang terbukti belum manjur. Operasi gabungan yang beberapa kali dilakukan belum ampuh untuk membuat pengemudi jera agar tak parkir lagi sembarangan.

Suparno, warga yang tinggal di sekitar Jalan Pemuda Rembang meminta kepada petugas polisi dan dinas perhubungan agar tidak hanya menilang kendaraan yang melakukan parkir liar. Mestinya, kendaraan yang parkir sembarangan, diderek sekalian saja ke kantor polisi, biar jera.

“Kalau ditilang nggak mempan, ya diderek saja pakai dereknya dinas perhubungan. Biar kapok. Kalau dicabut pentil atau digembok rodanya kurang efektif,” katanya kepada mataairradio, Minggu (29/3/2015).

Menurutnya cara seperti itu efektif karena selain membuat malu pengemudinya, juga bisa langsung berdampak nyata terhadap kelancaran arus lalu lintas. Ia tak memungkiri, kesemrawutan arus kendaraan di pangkal Jalan Pemuda, merepotkan pejalan kaki yang hendak menyeberang.
Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polres Rembang Ipda Setianto mengaku akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan guna merumuskan cara efektif untuk mengatasi parkir liar di Jalan Pemuda.

“Selain tilang, kami merencanakan gembok roda atau cabut pentil kendaraan. Kami akan koordinasi dengan dinas perhubungan,” katanya.

Soal derek, dia menilainya bukan sebagai cara yang efektif. Meski begitu, pihaknya tetap akan mengomunikasikannya dengan dinas perhubungan.

“Kami sudah hampir bosan menggunakan cara persuasif untuk menertibkan parkir liar. Diingatkan hari ini, besok lupa lagi. Ditertibkan hari ini, besok melanggar lagi,” keluhnya.

Apalagi pihaknya sudah beberapa kali ditegur oleh Pimpinan agar mengimbau penertiban parkir sembarangan. Kini, Satlantas akan meminta komitmen dari pihak pertokoan dan tempat usaha di sekitar Jalan Pemuda, agar mengingatkan mereka yang singgah, agar tidak parkir seenaknya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Rembang Suyono menegaskan, parkir kendaraan di kawasan Jalan Pemuda harus terus ditertibkan karena kondisinya sudah sangat semrawut.

“Berdasarkan Perda Nomor 5 Tahun 2010, parkir di Jalan Pemuda telah ditentukan di sebelah timur, namun ternyata, kanan-kirinya dipakai parkir juga,” terangnya.

Dia mempertimbangkan menggunakan cara lain untuk menertibkan parkir liar, termasuk gembok roda, cabut pentil, dan derek.

Mengenai kemungkinan mengubah Jalan Pemuda menjadi satu arah saja, Suyono menyebut itu belum bisa. Sebab, akses lain untuk mengalihkan arus tidak memungkinkan.

“Alternatif penyelesaian kesemrawutan parkir bisa ditempuh dengan pelebaran jalan dan penertiban,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan