Rayakan Hardiknas, Ribuan Apoteker Kampanye Berantas Narkoba

Senin, 30 April 2018 | 19:30 WIB

 

Kegiatan kampanye berantas narkoba melalui “Apoteker Mengajar” di SMP Negeri 1 Pancur, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei. (Foto: Muhammad Siroju Munir)

 

REMBANG, mataairradio.com – Ikatan Apoteker Indonesia melakukan kampanye berantas narkoba melalui kegiatan “Apoteker Mengajar” di sekolah, yang dilakukan secara serempak di Provinsi Jawa Tengah pada Senin (30/4/2018) pagi.

Andrian Nur Widianto Ketua Panitia Apoteker Mengajar Cabang Rembang mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei mendatang.

Menurutnya, sebanyak 35 Kabupaten/Kota dengan peserta 110.000 pelajar dari 900 SMP maupun SMA dan 3.600 apoteker se-Jawa Tengah akan terlibat dalam acara ini.

Ia menambahkan, selain untuk memeringati Hardiknas, kegiatan ini juga untuk memecahkan rekor MURI dengan kategori pemrakarsa dan penyelenggara edukasi penggunaan dan penyalahgunaan obat secara serentak kepada pelajar terbanyak.

“Ada beberapa poin penting yang diajarkan kepada para pelajar, antara lain dampak penyalahgunaan obat-obatan, pemberantasan obat ilegal, dan penyuluhan tentang bahaya narkoba.

Harapannya dengan kegiatan ini para pelajar bisa memahami bahaya penyalahgunaan narkoba sehingga tidak terjerumus untuk mengkonsumsinya,” ungkapnya.

Ia mengaku prihatin, lantaran peredaran narkoba saat ini sudah masuk di kalangan pelajar.

“Di Rembang kegiatan “Apoteker Mengajar” dilakukan di enam sekolahan. Rinciannya untuk SMP, di SMP Negeri 1 Kragan, SMP Negeri 2 Sedan, dan SMP Negeri 1 Pancur.

Sedangkan untuk SMA adalah SMA Negeri 1 Sulang, SMK Al-Mubarok Rembang, dan SMK Negeri 2 Rembang. Tiap sekolah akan diberi 15 sampai 20 apoteker untuk memberikan pemahaman seputar obat-obatan kepada para siswa,” imbuhnya.

Salah satu siswa dari SMP Negeri 1 Pancur Ahmad Ferdiyanto mengaku senang dengan adanya apoteker mengajar.

“Karena bisa mengetahui berbagai hal tentang obat-obatan dan mengetahui bahaya mengkonsumsi narkoba,” pungkasnya.

 

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mukhammad Fadlil

 

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan