Ratusan Durian Criwik Dijual Murah di Festival Buah

Senin, 22 Februari 2016 | 19:11 WIB
Baliho publikasi Festival Buah 2016 Rembang yang dipampang di kompleks Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang. (Foto: mataairradio.com)

Baliho publikasi Festival Buah 2016 Rembang yang dipampang di kompleks Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Ratusan buah durian criwik bisa dinikmati oleh masyarakat dengan harga di bawah harga pasar pada acara Festival Buah Rembang 2016 yang digelar di Halaman Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan setempat, Selasa 23 Februari ini.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Buah 2016 Rembang Ika Himawan Affandi kepada reporter mataairradio, Senin (22/2/2016) pagi menyebut, jumlah durian yang bisa dibeli masyarakat mencapai lebih dari 300 buah.

“Durian yang dilombakan bisa dibeli setelah diumumkan juaranya. Harganya di bawah harga pasar. (Durian) Yang di bursa buah juga dijual dengan model harga yang sama,” terangnya.

Pihak panitia pun menyebutkan, jumlah petani durian yang melombakan komoditasnya sebanyak 25 orang, duku 8 orang, kedondong 10 orang, dan sawo 20 orang.

“Petani yang belum mendaftar, masih bisa ikut melombakan buahnya sebelum acara dimulai,” tandasnya.

Selain buah dari yang dilombakan dan yang diturunkan di bursa, masyarakat juga bisa membeli aneka bibit di festival tersebut. Menurut panitia, ada 21 jenis bibit dengan total keseluruhan bibit mencapai 500 batang.

Secara harga, Ika menyebutkan, akan berada di bawah harga pasar. Pihak panitia mengaku sudah berkomunikasi dengan penyedia bibit agar tidak mengambil profit yang seperti biasanya, guna menarik minat masyarakat.

Kepada reporter radio ini, pihak panitia mengungkapkan, jika harga durian criwik kualitas super biasa diperoleh dengan harga Rp50.000 per buah, maka di festival nanti bisa diperoleh dengan selisih harga Rp10-15 ribu lebih murah.

“Kalau bibit akan lebih murah Rp5 ribu per batang dibandingkan harga pasar,” katanya.

Sementara itu, mengenai jumlah pengunjung, Ika menyebutkan, pihak panitia menargetkan sekitar 1.000 orang.

Festival untuk mengenalkan buah lokal Rembang ini akan mulai diputar sekitar pukul 07.00 WIB dan akan berlangsung hingga sekitar pukul 17.00 WIB.

Bupati Rembang Abdul Hafidz memang dijadwalkan hadir di festival tersebut. Namun hanya pada saat penutupan.

Rencananya, penutupan acara festival akan digelar pada pukul 13.00 WIB yang disertai pengumuman pemenang lomba buah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan