Rasio Belum Ideal, Bupati Dukung Rumah Sakit Baru

Selasa, 1 Mei 2018 | 19:48 WIB

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Soetrasno Rembang.(Foto: twicsy.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Bupati Rembang Abdul Hafidz menyatakan mendukung berdirinya rumah sakit baru, meskipun di kabupaten ini sudah ada RSUD dr R Soetrasno dan RSI Arafah.

Dukungan terhadap rumah sakit baru, menurutnya, karena di Rembang masih kekurangan tempat pelayanan kesehatan. Rasio jumlah penduduk dan ketersediaan rumah sakit di daerah ini, belum ideal.

Saat meresmikan Rumah Sakit Bhina Bakti Husada Rembang, Hafidz berharap, pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kabupaten ini akan menjadi lebih baik dengan hadirnya rumah sakit baru.

“Kalau bicara pelayanan, kita akan bicara kebutuhan. Dengan ada rumah sakit ini, kita mendekati ideal (rasio jumlah penduduk dengan jumlah rumah sakit),” terangnya saat meresmikan RS Bhina Bakti Husada Rembang, Senin (30/4/2018) malam.

Pada kesempatan itu, Bupati beranggapan, berdirinya rumah sakit baru tidak lantas memunculkan persaingan. Menurutnya, tidak ada istilah persaingan antarrumah sakit. Sebab, tujuannya sama.

Ia menjelaskan, tujuan pendirian rumah sakit adalah melayani masyarakat dalam meningkatkan kesehatan. Ia pun berharap, masing-masing rumah sakit berkoordinasi, agar sama-sama mampu melayani masyarakat.

“Dalam pelayanan ini, antarrumah sakit tidak ada istilah saingan. RSUD, RSI, berjalan bersama. Nanti RS Bhina Bakti Husada berjalan bersama. Saya berharap direktur rumah sakit untuk koordinasi agar bisa saling menyempurnakan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Sofi’i menambahkan, jumlah penduduk kabupaten ini yang mencapai sekitar 600.000 jiwa tak sebanding dengan kapasitas rumah sakit yang ada.

Dengan populasi penduduk itu, idealnya ada rumah sakit yang menampung 600 pasien. Dihitung dengan rasio ideal 1.000:1. Dari dua rumah sakit di Rembang, totalnya hanya menampung 325 pasien.

Artinya, baru separo dari kebutuhan. Sementara rumah sakit baru yang bergedung tujuh lantai di Jalan Rembang-Blora ini bisa menampung 250 pasien. Rumah sakit baru ini juga diklaim berfasilitas canggih.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan