Hobi Membaca Antarkan Jamal Raih Emas OSN IPS

Jumat, 23 Mei 2014 | 18:21 WIB
 Para guru dan perwakilan siswa di SMP Negeri 2 Rembang memberikan ucapan selamat kepada Jamal Habibur Rahman di lapangan utama sekolah setempat, Jumat (23/5) pagi. (Foto: Pujianto)


Para guru dan perwakilan siswa di SMP Negeri 2 Rembang memberikan ucapan selamat kepada Jamal Habibur Rahman di lapangan utama sekolah setempat, Jumat (23/5) pagi. (Foto: Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Seorang siswa SMP Negeri 2 Rembang, Jamal Habibur Rahman meraih medali emas pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPS yang digelar di Padang, Sumatera Barat, 15-21 Mei kemarin.

Jamal menjadi satu-satunya siswa dari SMP Negeri di Jawa Tengah yang berhasil mempersembahkan medali emas OSN. Lima medali emas lainnya yang diraih Provinsi Jawa Tengah, disumbangkan oleh siswa dari SMP swasta.

Kepada MataAir Radio, siswa Kelas VIII ini mengaku gemar membaca dan berselancar di internet. Rasa ingin tahu yang tinggi seputar ilmu geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, dan astronomi, membawanya bersemangat belajar.

Untuk menjadi juara, sekolah dan pihak provinsi juga membimbingnya. Jamal menyebut, hal yang paling menegangkan baginya adalah ketika menunggu namanya dipanggil menjadi peraih medali emas dan mendapat banyak apresiasi.

Lilik Murdiatno, Kepala SMP Negeri 2 Rembang mengatakan, sekolah telah melakukan pembinaan terhadap siswa yang dikader untuk maju lomba, sejak awal Kelas VII. Sebab, peserta OSN biasanya siswa Kelas VIII.

Pembinaan dilakukan tidak hanya untuk Bidang Studi IPS, tetapi juga Matematika dan Fisika. Sebenarnya, di Bidang Studi IPS, Jamal maju berlima dengan kawan satu sekolah. Kelima siswa SMP Negeri 2 Rembang ini memenuhi kualifikasi dari Provinsi.

Namun untuk satu tiket Nasional, hanya Jamal yang lolos. Pihaknya memastikan mengawal perjalanan Jamal hingga sukses Juara OSN IPS, termasuk mendukung dengan doa dan bimbingan. Pihak sekolah kini sedang membantu menyiapkan Jamal ke Olimpiade Astronomi tingkat Asia-Pasifik.

Jumat (23/5) pagi, siswa kelahiran Sragen 9 Agustus 2000 ini, disambut di sekolah. Tampak mendampinginya, Jumanto dan Nanik Suparni orang tuanya. Para guru dan siswa secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada Jamal di lapangan utama sekolah.

Jumanto menyebut anak kedua dari ketiga putranya ini sempat konsentrasi ke fisika. Namun melihat perkembangan persaingan di sekolah, dia menyarankan Jamal agar fokus ke IPS. Jumanto mengakui tidak ada persiapan khusus bagi anaknya, selain bimbingan sekolah. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan