PSIR Berburu Pelatih Berlisensi A Nasional

Senin, 10 Maret 2014 | 17:18 WIB
Direktur teknik tim PSIR Rembang, Bambang "max" Handoyo. (Foto:Pujianto)

Direktur teknik tim PSIR Rembang, Bambang “max” Handoyo. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Klub PSIR Rembang sedang berburu pelatih berlisensi A nasional untuk membesut tim berjuluk Laskar Dampo Awang, setidaknya pada musim ini. Sepeninggal Haryanto yang rehat dari urusan PSIR, klub hanya menyisakan Asisten Pelatih Bambang Handoyo dan Joko Purwanto yang belum mengantongi lisensi tersebut.

Bambang Handoyo yang dihubungi MataAir Radio pada Senin (10/3) siang mengaku telah meminta kepada manajemen PSIR agar mencari pelatih berlisensi A nasional. Regulasi dari pihak operator liga PSSI mensyaratkan demikian. Bambang menyatakan masih siap membantu PSIR, meski kondisi kesehatannya terganggu, akhir-akhir ini.

Soal stok pemain yang ada sekarang, Bambang menyebut PSIR masih membutuhkan tambahan. Sebab, tiga orang pemain asing asal Kamerun yang sempat memperkuat PSIR pada laga uji coba melawan PSIS Semarang dan Persipur Purwodadi, dipulangkan. Di tubuh PSIR, kini ada empat pemain dari luar daerah, yakni Samsul dan Samsudin di lini belakang, serta Lintang dan Reza di lini tengah.

Bambang juga mengatakan, empat pemain dari luar daerah akan diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya, saat PSIR bertandang ke Purwodadi, berduel lagi dengan Persipur di laga uji coba. Sebab, sejauh ini, kemampuan keempatnya belum sesuai harapannya. Rencananya, laga tersebut digelar di Stadion Krida Bhakti Purwodadi, Jumat, 14 Maret mendatang.

Asisten Pelatih yang kini bermukim di Desa Sulang ini menuntut pembenahan materi pemain, jika dirinya diinginkan membantu PSIR. Dia mengaku tak sanggup menangani tim dengan materi pemain yang pas-pasan karena bisa “bunuh diri”. Bambang pun berdalih, kompetisi menjadi kurang “jreng” tanpa ada pemain yang berkualitas. Apalagi nama PSIR turut dipertaruhkan.

Dia kembali menegaskan harapannya kepada manajemen klub agar segera menuntaskan perburuan tim pelatih berlisensi A nasional. Merujuk data PSSI, saat ini terdapat sekitar 250-an pelatih berlisensi A nasional yang ada di Indonesia. Lisensi A nasional menjadi syarat untuk melatih klub di liga nasional.

Pengendali PSIR Charis Kurniawan mengonfirmasi, perburuan terhadap pelatih berlisensi A nasional untuk syarat formal Laskar Dampo Awang, belum membuahkan hasil. Dia juga mengamini bahwa syarat itu mutlak dipenuhi oleh tim yang akan berlaga di kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia musim ini.

Charis pun telah meminta kepada Bambang Handoyo dan Joko Purwanto agar membantu mencari pelatih berlisensi A nasional dan bebas tim. Jika menilik peserta kompetisi divisi utama yang hanya 64 klub, maka ada hampir 200 pelatih berlisensi A yang kini “menganggur”. PSIR sendiri pernah meminjam lisensi A AFC dari Pelatih Kibnu Harto Selamet, ketika klub ini bisa berlaga di Liga Primer Indonesia, musim lalu. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan