Progres Belum Signifikan, Pemkab Yakin Proyek di Sumber Selesai Tepat Waktu

Kamis, 6 Desember 2018 | 17:46 WIB

Kondisi Proyek Pembangunan Puskesmas Sumber, pada Selasa (4/11/2018) pagi. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang optimistis, pembangunan sejumlah proyek di Kecamatan Sumber akan selesai tepat waktu, meskipun hingga Selasa (4/12/2018) capaian hasil pengerjaan proyek tersebut belum maksimal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang, Subakti mengatakan, pihaknya sudah berupaya untuk berkomunikasi secara intens terhadap semua pihak yang terlibat dalam proyek tersebut.

“Kami terus berkomunikasi intens baik dengan Dinas Kesehatan, DPUTARU, Indagkop. Monitor terus untuk memastikan komitmen pengguna anggaran seperti PPK, penyedia jasa dan PPHP agar mencermati waktu yang tersedia,” terangnya.

Ia mengatakan, seandainya dalam batas terakhir kontrak ternyata masih terdapat pekerjaan yang belum terselesaikan, maka sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 Pasal 56, waktu pekerjaan bisa ditambah di luar tahun penganggaran.

Namun, menurutnya, kebijakan penambahan masa kontrak tersebut masih perlu kajian yang intensif untuk pihaknya diterapkan.

Subakti menambahkan, pihaknya akan terus mengawal untuk mempercepat proses pengerjaan proyek tersebut.

“Disitu (Perpres, red.) dimungkinkan untuk menyelesaikan kontrak diluar tahun anggaran. Itu kewenangan dari pengguna anggaran dan PPKom. Jika diyakini penyedia jasa mampu menyelesaikan dengan tambahan 50 hari,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, saat ini sistem lembur atau penambahan jam kerja sudah diberlakukan untuk mempercepat penyelesesaian pekerjaan serta ketersediaan material yang sempat menjadi kendala pun sudah teratasi.

Dirinya meminta kepada masyarakat supaya tidak berspekulasi, tepat atau tidaknya penyelesaian tiga proyek di Sumber tersebut.

“Berikan kesempatan dulu kepada penyedia jasa untuk menyelesaikan pekerjaannya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, penyelesaian tiga proyek milik Pemerintah Kabupatenn Rembang di Kecamatan Sumber tahun anggaran 2018, terancam molor atau tidak selesai tepat waktu.

Tiga proyek itu diantaranya adalah proyek dari Dinas Kesehatan berupa Pembangunan Puskesmas Sumber, proyek dari Dinperindagkop berupa pembangunan Pasar Sumber, dan proyek dari DPUTARU berupa Peningkatan Jalan Kedungasem-Tlogotunggal.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan