Pacu Produksi Perkebunan, Puluhan Sumur dan Embung Dibangun

Jumat, 18 April 2014 | 18:32 WIB
Petani tembakau di Dusun Bagel Desa Mondoteko Kecamatan Rembang sedang mempersiapkan bedengan, Senin (24/3) pagi. (Foto Pujianto)

Petani tembakau di Dusun Bagel Desa Mondoteko Kecamatan Rembang sedang mempersiapkan bedengan, Senin (24/3) pagi. (Foto Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Petani tanaman perkebunan di Kabupaten Rembang akan disuplai bantuan berupa puluhan sumur dan embung untuk memacu produksi. Salah satu sektor perkebunan yang dipacu adalah tembakau.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang Yosophat Susilo Hadi mengatakan, pembuatan sumur dan embung dilakukan untuk mengondisikan produksi tanaman perkebunan di musim kemarau.

Dia menyebutkan, beberapa tanaman perkebunan seperti tembakau memerlukan pasokan air meski tidak seberapa. Tahun lalu misalnya, ketersediaan embung terpal berukuran mini, cukup membantu petani. Apalagi, tahun ini, petani mulai mengadopsi mekanisasi perkebunan.

Yosophat juga menyebutkan, jika tidak ada perubahan, maka akan ada pembuatan sekitar 50 sumur dan 22 paket embung perkebunan. Dia menekankan, hampir semua bantuan diperuntukkan bagi petani tembakau.

Bantuan tersebut, menurutnya, dikucurkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkab Rembang. Bantuan terkucur kepada petani di hampir setiap kecamatan dan diperkirakan realisasi pada bulan Mei 2014.

Disinggung mengenai mekanisasi yang diadopsi petani, tahun ini pun, pihak Bidang Perkebunan mengalokasikan bantuan berupa 15 mesin pencacah untuk pembuatan guludan. 10 di antaranya dari Pemkab Rembang, sedangkan sisanya dari Provinsi.

Sementara itu, Maryono, tokoh petani tembakau di Kabupaten Rembang berharap, bantuan dikucurkan berdasarkan skala prioritas dan luas pengembangan tanaman perkebunan di setiap kecamatan. Khusus tembakau, menurutnya, sudah ada kesepakatan penentuan nilai bantuan sesuai total luas tanam.

Soal pengusulan pun, dia mengklaim, sudah ada rembugan di setiap kecamatan yang diwakili oleh tokoh yang dianggap bisa dipercaya. Selain bantuan untuk petani tembakau, kelompok petani tebu juga mengharapkan bantuan berupa akses jalan produksi. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. JOEWONO WONGSO MARTONO

    April 19, 2014 at 6:43 am

    menyambut baik bantuan embung yang akan diberikan kepada sejumlah kelompok tani hanya minta tolong pemilihan lokasi harus benar-benar memperhatikan 5 T ; Tepat sasaran, tepat mutu, tepat manfaat, tepat waktu dan tepat anggaran.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan