Prediksi Sebaran 45 Kursi Anggota DRPD Rembang

Senin, 14 April 2014 | 13:52 WIB
Seorang pendukung PKB mencatat hasil perolehan sementara suara pada Pemilu 2014 di halaman Kantor KPU Rembang, Sabtu (12/4) kemarin. (Foto:Pujianto)

Seorang pendukung PKB mencatat hasil perolehan sementara suara pada Pemilu 2014 di halaman Kantor KPU Rembang, Sabtu (12/4) kemarin. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang memang baru akan melakukan rekapitulasi akhir perolehan suara tingkat kabupaten terhadap hasil Pemilu 2014 pada 19-20 April 2014.

Namun, hampir semua partai politik telah lebih dahulu memetakan sebaran perolehan kursi baik terhadap internal caleg maupun terhadap partai lain. MataAir Radio menghimpun sebaran 45 kursi untuk anggota DPRD Kabupaten Rembang periode 2014-2019.

Pada Pemilu 2014, PPP berjaya di Rembang. Partai berlambang kabah ini diprediksi merebut 10 kursi di DPRD. Masing-masing satu kursi dari Dapil I Rembang Kota, Dapil II Lasem-Pancur, Dapil III Sluke-Kragan, Dapil VI Sulang-Bulu-Gunem, dan Dapil VII Kaliori-Sumber, serta dua kursi dari Dapil V Pamotan-Sale dan tiga kursi dari Dapil IV Sarang-Sedan.

Di bawah PPP adalah Partai Demokrat. Partai yang perolehan kursinya diprediksi merosot gara-gara Ketua DPC Moch Salim ditahan karena kasus dugaan korupsi, diprediksi masih bisa mempertahankan delapan kursi di DPRD. Delapan kursi itu masing-masing satu dari Dapil I, Dapil II, Dapil IV, Dapil V, Dapil VI, dan Dapil VII, serta dua kursi dari Dapil III.

Di posisi ketiga, PKB diprediksi menempatkan enam wakilnya. Dari tujuh daerah pemilihan di Kabupaten Rembang, hanya di Dapil II, Partai berlambang poros bumi dan sembilan bintang ini, diprediksi kehilangan kursi.

Sementara PDIP Perjuangan dan Partai Gerindra, masing-masing merebut lima kursi parlemen. Lima kursi untuk PDIP diperoleh masing-masing satu dari Dapil I, Dapil II, Dapil III, Dapil V, dan Dapil VII. Sedangkan lima kursi Gerindra didapat dari Dapil I, Dapil II, Dapil IV, Dapil V, dan Dapil VII.

Partai Golkar gagal mengulang sukses perolehan kursi pada Pemilu 2009. Jika lima tahun lalu, partai berlambang pohon beringin ini berhasil merebut delapan kursi DPRD, pemilu kali ini hanya tiga kursi masing-masing dari Dapil II, Dapil III, dan Dapil V. Partai Nasdem diprediksi mendapat tiga kursi pula, masing-masing dari Dapil II, Dapil IV, dan Dapil VI.

Kegagalan nyaris sama juga dialami Partai Amanat Nasional. Sukses merebut empat kursi di Pemilu 2009, kini hanya dua wakil dari PAN yang bisa ditempatkan di dampar dewan, masing-masing dari Dapil III dan VI.

Demikian pula Partai Hanura, hanya dua kursi yang direbut, yakni dari Dapil IV dan VI. Sisa satu kursi parlemen diprediksi masih bisa diisi oleh PKS dengan menempatkan satu wakil dari Dapil Rembang Kota.

“Di Partai Demokrat, delapan kursi itu semua diisi oleh petahana atau incumbent. Perolehan itu memang meleset dari target 10 kursi. Kasus dugaan korupsi yang melibatkan Bapak (Mochammad Salim, red.) memiliki efek di pemilu ini,” kata Ketua Sementara DPC Partai Demokrat Rembang, Gunasih kepada MataAir Radio. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan