Pramuka Rembang Bantu Bedah Rumah Warga Sulang

Jumat, 17 Januari 2020 | 18:29 WIB

Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Rembang menggelar bakti sosial “Pramuka Peduli” dengan memberi bantuan bedah rumah kepada seorang warga bernama Jani beralamat RT 4 RW 5 Desa Sulang Kecamatan Sulang, Jumat (17/1/2019). (Foto: mataairradio.com)

 

SULANG, mataairradio.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Rembang menggelar bakti sosial “Pramuka Peduli” dengan memberi bantuan bedah rumah kepada warga yang kurang mampu pada Jumat (17/1/2019) pagi. Rumah seorang warga RT 4 RW 5 Desa Sulang Kecamatan Sulang bernama Jani dirombak total karena dianggap tidak layak huni.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Nur Rofik menyatakan bahwa program Pramuka Peduli ini adalah program tahunan yang berasal dari donasi serta iuran rutin anggota Pramuka di tiap-tiap Kwartir Ranting (Kwaran), selain itu juga donasi dari beberapa dermawan.

Dalam kegiatan bedah rumah di Sulang tersebut, pihak Kwarcab Pramuka memberikan bantuan sebesar Rp10 juta untuk membeli sejumlah material bangunan. Selain bantuan dari Pramuka ada beberapa pihak yang ikut andil membantu bedah rumah milik jani diantaranya Palang Merah Indonesia (PMI) Rembang, Pemerintah Desa Sulang, dan juga beberapa warga.

“Tadi kita bantu Pak Jani untuk bedah rumah, ini bentuk kepedulian sesama Mas. Selain Pramuka ada PMI, Pemdes, dan tenaga dari warga. Alhamdulillah bisa gotong royong,” ungkapnya.

Ketua Kwarcab Pramuka sekaligus Ketua PMI Rembang Bayu Andriyanto menyatakan bahwa kepedulian terhadap sesama perlu dipupuk dan dilestarikan agar antar warga masyarakat bisa guyup rukun. Selain itu organisasi sosial seperti Pramuka dan PMI bisa sinergi dengan Pemerintah untuk saling membantu.

Pemberian bantuan tidak hanya berupa bedah rumah namun bisa bermacam-macam, misalnya saat kekeringan pihaknya melakukan droping air ke wilayah yang mengalami kekurangan air. Saat ada banjir atau tanah longsor pihak Pramuka dan PMI paling terdepan dala merespon bencana.

“Kegiatan semacam ini dimaksudkan agar sesama warga Rembang bisa guyup rukun Mas,” ungkapnya.

Bayu berharap agar semboyan Rembang Bangkit bisa diterapkan dalam bentuk tindakan yaitu warganya senantiasa Bahagia, Aman, Nyaman, Gotong royong, Kerja keras, beriman, dan bertaqwa.

Penulis : Mohammad Siroju Munir
Editor : Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan