Pramuka Era Modern Diminta Masuki Dunia Siber

Jumat, 14 Agustus 2015 | 18:36 WIB
Pramuka siaga saat upacara peringatan ke-54 Hari Pramuka di Alun-alun Rembang, Jumat (14/8/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Pramuka siaga saat upacara peringatan ke-54 Hari Pramuka di Alun-alun Rembang, Jumat (14/8/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Organisasi Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) diminta lebih peka pada perkembangan teknologi komunikasi digital di kalangan kaum muda pada era modern ini. Kepekaan itu penting mengingat banyaknya kaum muda yang kini menjadi generasi siber yang online 24 jam.

Imbauan tersebut disampaikan oleh Pjs Bupati Rembang Suko Mardiono yang membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault pada upacara peringatan 54 tahun Pramuka di Alun-alun Rembang, Jumat (14/8/2015) pagi.

“Perkembangan kaum muda mesti diikuti,” katanya.

Suko yang membacakan sambutan Adyaksa juga mengatakan, jika perkembangan teknologi komunikasi digital tidak diikuti, maka Pramuka akan ditinggal oleh kaum muda, secara pelan-pelan.

“Pramuka itu mesti keren, asyik, gembira, dan menyenangkan,” tandasnya.

Adyaksa berharap kepada para pembina Pramuka agar membina adik-adiknya di gugus depan, sehingga kreatif. Para pelatih pun diharapkan memberikan banyak materi yang relevan, tanpa harus melupakan prinsip dasar kepramukaan yang antara lain beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa.

Adhyaksa Dault mengatakan pula, remaja saat ini menghadapi dua masalah penting; masalah sosial dan masalah kebangsaan.

“Maraknya penggunaan obat-obat terlarang, pergaulan bebas yang berakibat pada tingginya hubungan seksual pra-nikah, kekerasan, dan kriminalitas melibatkan kaum muda dewasa ini,” sesalnya.

Selain itu, banyak remaja Indonesia saat ini, menghadapi rendahnya solidaritas sosial dan semangat berkebangsaan. Semangat bela negara pun dinilainya semakin rendah.

“Gerakan Pramuka harus mampu menahan ancaman-ancaman tersebut,” harapnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan