PPP Tasikagung Ajak Nelayan Gemar Membaca

Jumat, 14 September 2018 | 14:05 WIB

Nelayan yang menunggu proses perizinan melaut dengan membaca buku di perpustakaan mini di Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang mengampanyekan gerakan literasi dengan menciptakan perpustakaan mini.

Perpustakaan mini diciptakan untuk mengedukasi masyarakat khusunya para nelayan supaya lebih tahu tentang ilmu perikanan.

Rofik Muammar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala PPP Tasikagung Rembang menjelaskan, inovasi tersebut berawal dari ketika banyak nelayan yang terdiam saat menunggu proses perizinan untuk berangkat melaut.

Perpustakaan mini yang terletak di dalam kantornya itu merupakan inovasi untuk memfasilitasi nelayan dalam mendapatkan pengetahuan.

“Selain itu juga untuk mensosialisasikan peraturan-peraturan pemerintah mengenai kelautan dan perikanan.

Saya yakin, minat baca di kalangan masyarakat masih ada, jadi bukan tidak mungkin perpustakaan ini akan diminati warga,” ujarnya.

Ia menyebutkan, ada sebanyak 300 buku berbagai jenis pada koleksi perpustakaan tersebut.

Rata-rata isi buku mengenai pengetahuan perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan ikan, serta pengetahuan umum.

Pihaknya berencana, akan melengkapi perpustakan dengan audio visual yang memberitahukan tentang kecepatan angin, tingi ombak, dan sekaligus titik kumpul ikan di lautan.

“Dengan begitu nelayan dapat menghemat bahan bakar. Di perpustakaan, nelayan bisa membaca bahkan meminjam buku,” pungkasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan