Polres Rembang Usul Dua Polwan Per Polsek

Selasa, 1 April 2014 | 17:01 WIB
Seorang Polwan menunjukkan brosur rekrutmen atau penerimaan brigadir baru yang dibuka hingga 15 April mendatang. (Foto:pujianto)

Seorang Polwan menunjukkan brosur rekrutmen atau penerimaan brigadir baru yang dibuka hingga 15 April mendatang. (Foto:pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Kepolisian Resor Rembang mengusulkan penempatan dua orang polisi wanita atau polwan di setiap kepolisian sektor. Selama ini hanya ada 12 orang polwan di jajaran Polres Rembang. Mereka tersebar di berbagai fungsi satuan, seperti Satuan Lalu Lintas, Satuan Reserse Kriminal, dan Seksi Umum.

Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Polres Rembang Komisaris Polisi Yohan Setiajid mengatakan, hingga Selasa (1/4) ini, belum ada satu pun anggota polisi wanita yang ditempatkan di 14 polsek. Pihaknya mengaku membutuhkan tambahan 28 personel khusus polwan untuk memperkuat jajaran di kepolisian sektor.

Tahun ini, Polri membuka rekrutmen 7.000 polwan dan Jawa Tengah kebagian jatah 1.000 personel. Sebenarnya tidak hanya polwan, secara keseluruhan Polres Rembang kekurangan personel. Kini hanya ada 670 personel di Polres Rembang. Itu pun ada 16 yang pensiun tahun ini. Untuk ukuran polsek standar, Rembang masih butuh tambahan total 11 hingga 31 personel per sektor.

Komisaris Polisi Yohan Setiajid menambahkan, jika nantinya polwan sudah memperkuat Polsek, maka penanganan kasus yang berkaitan dengan masalah perlindungan perempuan dan anak, tidak selalu dilimpahkan ke Polres Rembang.

Apalagi selama ini, gara-gara ketiadaan polwan di setiap polsek, penanganan kasus perempuan dan anak kerap kali melibatkan personel di luar polisi, seperti bidan dan anggota bayangkari. Melalui rekrutmen brigadir baru pada tahun ini, pihaknya berharap keterbatasan mengenai jumlah personel, akan mulai bisa ditangani.

Terlebih, dengan kebijakan baru Polri, mereka yang lulus dari pendidikan polisi dan asli dari Kabupaten Rembang, biasanya ditempatkan di daerah asal. Menurut Yohan, kebijakan ini dianggap cukup solutif, mengingat mereka ini dianggap lebih mengerti penguasaan daerah.

Bagian Sumber Daya Polres Rembang membeberkan, rekrutmen atau penerimaan brigadir baru dibuka hingga 15 April mendatang. Secara umum, syaratnya lulusan SMA/MA/SMK, berusia minimal 17 tahun lima bulan dan maksimal 22 tahun, dan memiliki rata-rata gabungan nilai ujian nasional dan sekolah minimal 6,0.

Untuk polisi laki-laki wajib memiliki tinggi badan minimal 163 centimeter dan minimal 155 centimeter untuk polwan. Polisi menjamin tidak ada praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme dalam pelaksanaan seleksi, karena adanya pengawasan intensif. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan