Polda Keliling di Rembang Layani Perpanjangan SIM

Sabtu, 16 Januari 2016 | 13:45 WIB
Salah seorang warga memanfaatkan layanan SIM keliling dari Polda Jawa Tengah di halaman RM Luwes Kragan, Sabtu (16/1/2016) pagi. (Foto: mataairradio.com)

Salah seorang warga memanfaatkan layanan SIM keliling dari Polda Jawa Tengah di halaman RM Luwes Kragan, Sabtu (16/1/2016) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Sabtu (16/1/2016) pagi, keliling di Kabupaten Rembang untuk melayani perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Mobil layanan SIM keliling diparkir di halaman Rumah Makan Luwes di Kragan.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi pada Satlantas Polres Rembang Inspektur Satu Setiyanto menjelaskan, layanan SIM keliling dilakukan untuk mendekatkan pelayanan dengan masyarakat.

“Dari analisa kami, mereka yang jauh dari Kota Rembang, perlu mendapat kedekatan pelayanan,” terangnya.

Karena baru pertama kali, berdasarkan pantauan, ada cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan ini. Setiyanto menegaskan, yang bisa dilayani di SIM keliling hanya terbatas pada perpanjangan.

“Untuk pemohon baru, tetap harus mengurusnya di Satlantas Polres Rembang,” tandasnya.

Layanan SIM keliling dari Polda Jawa Tengah itu berlangsung selama sekitar lima jam sejak pukul 08.00 WIB. Tercatat puluhan warga yang datang dan mengurus perpanjangan surat izin mengemudi.

“Hampir semuanya adalah pemegang SIM C untuk pengendara sepeda motor,” ungkapnya.

Menurut Setiyanto, layanan semacam ini tidak akan berhenti pada kali ini saja. Bulan depan, sekitar tanggal 20 Februari, dijadwalkan layanan serupa masih di tempat yang sama.

“Namun ke depannya, bisa bergeser ke wilayah Sale atau Pamotan,” tegasnya.

Menurut catatan pihak Registrasi dan Identifikasi pada Satlantas Polres Rembang, tingkat masyarakat yang mengurus perpanjangan SIM, rata-rata masih menyisakan cukup waktu sebelum kedaluwarsa.

“Warga yang malas memperpanjang SIM, terbilang sedikit,” tambahnya.

Hal itu terukur dari sedikitnya angka pemohon perpanjangan SIM yang masa berlakunya kedaluwarsa atau mati.

Di layanan SIM keliling ini, 5 polisi dari Polda Jateng dan 2 polisi dari Satlantas Polres Rembang, mensyaratkan SIM lama dan KTP bagi pemohon perpanjangan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan