PNS Calon Perseorangan Diminta Ancang-ancang Pensiun Dini

Selasa, 9 Juni 2015 | 19:02 WIB
Ilustrasi (Foto:mataairradio.com

Ilustrasi (Foto:mataairradio.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Pegawai negeri sipil (PNS) yang akan maju sebagai calon bupati dari jalur perseorangan diminta untuk berancang-ancang mengajukan pensiun dini atau mundur dari status sebagai abdi negara.

Komisioner KPU Rembang Maftuhin mengatakan, penjelasan tersebut perlu diutarakannya pada saat ini, mengingat berkembangnya informasi bahwa ada salah satu PNS yang akan ikut maju di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang tahun 2015.

Menurut KPU, saat penyerahan bukti dukungan calon perseorangan, memang PNS yang bersangkutan belum wajib menyertakan surat keterangan definitif telah pensiun dini.

“Tetapi sehari sebelum penetapan calon bupati atau pada 25 Agustus mendatang, SK pensiun itu mesti sudah ada,” katanya.

Mengenai penyerahan bukti dukungan calon perseorangan, KPU Rembang memberikan waktu selama lima hari, sejak tanggal 11-15 Juni 2015, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

“Yang diserahkan kepada KPU, cukup surat pernyataan dukungan,” katanya.

Tetapi surat pernyataan itu mesti dilampiri dengan tanda tangan dari setiap nama pendukung. Dokumen dukungan itu dibuat per desa, dengan tanda tangan dari pasangan calon serta dibubuhi materai.

KPU kembali mengingatkan, syarat dukungan calon perseorangan di Rembang adalah 45.942 orang.

Maftuhin menjelaskan, jumlah minimal dukungan itu wajib tersebar di minimal delapan kecamatan. Syarat minimal sebaran jumlah dukungan itu mesti dipenuhi sebelum 15 Juni pukul 16.00 WIB.

“Jika sampai dengan batas waktu itu tidak terpenuhi, calon yang bersangkutan akan dinyatakan tidak memenuhi syarat,” tegasnya.

Sementara itu, KPU tidak bisa memastikan berapa jumlah bakal calon perseorangan yang bakal menyerahkan bukti dukungan. Tetapi dari informasi yang berkembang saat ini, ada dua pasangan calon yang bakal mendaftar.

PNS yang santer dikabarkan mendaftar lewat jalur perseorangan adalah Camat Bulu Suswantoro. Tetapi dia belum berhasil dikonfirmasi ulang oleh radio ini terkait pencalonannya. Hanya saja, sebelumnya Suswantoro pernah mengatakan, niatnya maju lewat perseorangan atas dasar dukungan banyak elemen.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan