PKB Galang Koalisi Besar di Pilkada Rembang

Selasa, 9 Juni 2015 | 18:30 WIB
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (Foto:tempo.co)

Logo Partai Kebangkitan Bangsa (Foto:tempo.co)

 

REMBANG, mataairradio.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengklaim sedang menggalang koalisi besar partai politik pada Pilkada Rembang tahun ini. Koalisi besar ditawarkan oleh PKB untuk menyediakan arena pertarungan yang bersih.

Menurut Ketua Desk Pilkada dari PKB Rembang Arif Agung Cholili, koalisi besar diperlukan untuk menepis anggapan yang masih berkembang di tingkat masyarakat soal ungkapan “tidak ada uang, tidak memilih”.

“Calon pemimpin tidak mesti yang memiliki banyak uang,” katanya.

Sebab jika semua calon identik alias sama-sama berduit banyak, maka masyarakat hanya akan berpikir soal uang untuk memilih pemimpin. Koalisi besar mesti mengajukan figur yang memang layak memimpin Rembang, tanpa menjadikan uang sebagai faktor yang paling utama.

Mengenai tingkat keseriusan penggalangan koalisi besar itu, Cholili mengaku sudah melakukan pembicaraan intens dengan Partai Gerindra, PAN, PDIP, Golkar, dan Partai Demokrat.

“Sambutannya, rata-rata cukup antusias dan koalisi besar ini kami yakini bakal terwujud,” katanya.

Soal apa kriteria sekaligus komitmen yang mesti dimiliki oleh figur calon bupati yang diusung koalisi besar, pihaknya menawarkan konsep e-budgeting dan lelang jabatan.

“Koalisi besar, fokus berbicara tentang kandidat calon bupati. Soal wakil bupati bukan menjadi yang paling penting. Masing-masing menyodorkan dan kita akan pilih yang terbaik,” katanya.

Sejauh ini, menurut Cholili, partai-partai calon peserta koalisi besar sudah mengajukan rancangan nama bakal calon bupati yang akan diusung. Namun para petinggi partai meminta agar nama itu tidak dibeber dulu ke media.

“Soal pertemuan, kami baru sebatas melakukannya lewat meja makan,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah partai yang diklaim PKB akan masuk koalisi besar, belum semua memberikan respon konfirmasi ketika dihubungi mataairradio, Selasa (9/6/2015) siang.

Ketua DPD PAN Rembang Imam Zarkasy membenarkan adanya upaya penggalangan koalisi besar oleh PKB.

“Sudah diajak bicara (oleh PKB), tetapi belum ada kejelasan,” katanya.

Ketua Tim Pilkada dari Partai Golkar Zaenuddin Jakfar juga mengakui pernah ada pembicaraan dengan PKB soal rencana itu, tetapi belum final.

Sekretaris DPC PDIP Rembang Ridwan pun mengakui hal yang sama.

Ketua DPC Partai Gerindra Rembang Sumartono membenarkan pula adanya penjajakan untuk membentuk koalisi besar. Tetapi soal kelanjutannya masih menjadi kajian di internal setiap partai.

“Silaturahmi politik yang digelar partai-partai itu sebagai upaya menghasilkan pemimpin yang berkarakter,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan